• May 27, 2024

Wajib Tahu! Ini Cara Tepat Menangani Anak Tantrum Manipulatif!

 Wajib Tahu! Ini Cara Tepat Menangani Anak Tantrum Manipulatif!

Wajib Tahu! Ini Cara Tepat Menangani Anak Tantrum Manipulatif!

Mulai usia 1 tahun, tidak jarang untuk anak mulai tantrum sebagai cara untuk mengekspresikan emosi seperti marah, kesal, dan frustrasi. Namun, ada juga jenis tantrum yang sering disebut sebagai ‘tantrum manipulatif’. Ini merupakan jenis tantrum dimana anak berteriak, menangis, melempar barang, ataupun berguling-guling di lantai sebagai cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. 

Tentunya, jenis tantrum ini dapat membuat parents merasa kesal dan frustrasi dengan perilaku mereka. Namun, penting sekali untuk parents dapat mengendalikan tantrum anak dan menanganinya dengan cara yang tepat! Yuk parents, simak tips cara menangani anak tantrum manipulatif!

Tetap Tenang

Hal yang paling penting saat menghadapi anak tantrum manipulatif adalah untuk tetap tenang dan sabar. Tentunya ini tidak hal yang mudah, namun penting sekali untuk parents mengendalikan emosi saat anak tantrum. Hindari ikut terbawa emosi karena ini malah menunjukkan pada anak bahwa perilaku mereka berhasil memengaruhi Moms & Dads. Para psikolog dan ahli anak sarankan parents bahwa lebih baik untuk parents abaikan perilaku anak daripada memarahinya atau mengikuti permintaannya.

Hindari Mengumbar Janji

Berbohong atau mengumbar janji yang tidak dapat dipenuhi pada anak malah dapat membuat anak menjadi lebih frustrasi dan kesal. Selain itu, mengumbar janji pada anak yang tantrum manipulatif malah dapat membuat anak berpikir bahwa perilakunya berhasil membuat parents mengikuti dengan keinginannya. Karena itu, kami sarankan parents untuk hindari mengumbar janji pada anak ketika ia sedang tantrum.

Berikan Anak Time Out

Bila anak mulai memukul atau melempar barang di sekitarnya, Moms & Dads dapat suruh dia untuk masuk ke dalam kamar atau tempat yang lebih tenang dan memberinya waktu untuk menenangkan diri secara sendiri. Time Out tidak perlu terlalu lama ya, parents! Cukup berikan anak cukup waktu menyendiri agar ia dapat berhenti menangis atau teriak, lalu coba bicara dengannya secara tenang.

Anak Tantrum Manipulatif

Baca Juga: Kenali Jenis Tantrum Pada Anak Serta Cara Mengatasinya!

Tetap Konsisten Terhadap Keputusan

Saat anak tantrum manipulatif, penting sekali untuk parents tetap konsisten dan disiplin dalam keputusan. Hindari selalu mengikuti keinginan anak karena ini akan menunjukkan mereka bahwa tantrum dapat mempengaruhi keputusan orang tua. Parents butuh dapat mengelola emosi dengan baik agar tetap konsisten dalam keputusan. Ini akan mengajar anak seiring waktu bahwa keputusan orang tua adalah keputusan yang tidak bisa diubah, dan akan mengurangi frekuensi tantrum anak.

Demikian, itulah beberapa tips cara menangani anak saat ia tantrum manipulatif. Semoga bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri