• May 28, 2024

Wajib Tahu! Ini Tips Cara Membatasi Screen Time Anak!

 Wajib Tahu! Ini Tips Cara Membatasi Screen Time Anak!

Wajib Tahu! Ini Tips Cara Membatasi Screen Time Anak!

Pada era modern ini, penggunaan gadget dan teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Meskipun begitu, parents butuh ingat bahwa memberi anak terlalu banyak screen time, mau itu menonton TV atau bermain dengan tablet, dapat memiliki berbagai dampak negatif pada tumbuh kembang anak.

Karena itu, penting sekali untuk parents membatasi screen time anak, terutama mereka yang masih bayi dan balita. Yuk! Simak tips cara membatasi screen time anak dengan tepat!

Konsistensi Terapkan Aturan

Cara pertama untuk membatasi screen time anak adalah dengan tetap konsisten dengan aturan yang telah parents terapkan. Jika Moms & Dads telah memutuskan untuk memberi ‘si Kecil’ maksimal screen time 1 jam dalam sehari, pastikan untuk selalu konsisten dalam menerapkan aturan ini. Dengan tetap konsisten, seiring waktu anak akan mengerti peraturan dan tidak akan sering merengek atau rewel ketika jatah screen timenya habis. Untuk membantu Moms & Dads mengatur screen time anak, beberapa gadget seperti HP dan tablet memiliki fitur yang membolehkan parents menentukan seberapa lama anak dapat bermain dengan gadgetnya.

Alihkan Perhatian Dengan Aktivitas Lain

Cara berikut untuk membatasi screen time anak dengan baik adalah dengan mengalihkan perhatiannya dengan aktivitas lain yang menarik. Parents dapat ajak ‘si Kecil’ untuk bermain dengan mainannya, bersepeda atau berolahraga di luar, menari bersama, atau menggambar bersama. Ini tidak hanya membantu Moms & Dads membatasi screen time anak, tapi juga dapat mendorong minat anak dalam aktivitas kreatif atau fisik yang dapat memiliki dampak positif pada tumbuh kembangnya.

Cara Membatasi Screen Time Anak

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Tepat Menangani Anak Tantrum Manipulatif!

Menghilangkan Gadget dari Pandangan Anak

Ketika tidak waktunya anak untuk bermain dengan gadget, pastikan untuk simpan gadgetnya di luar pandangan anak. Dengan menghilangkan gadget dari pandangan anak, Moms & Dads mengurangi risiko anak menjadi rewel meminta gadgetnya. Kami juga sarankan parents untuk melakukan ini saat waktu makan atau sebelum waktu tidur. Ini karena screen time sebelum tidur dapat memiliki dampak negatif pada kualitas tidur anak, sementara screen time saat waktu makan dapat meningkatkan risiko anak diabetes.

Demikian, itulah tips cara membatasi screen time anak! Ingat bahwa walaupun penggunaan teknologi tidak merupakan hal yang negatif untuk anak, penting untuk parents membatasinya agar anak tidak kecanduan.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri