• May 27, 2024

Wajib Tahu! Inilah 5 Alasan Anak Susah Makan!

 Wajib Tahu! Inilah 5 Alasan Anak Susah Makan!

Wajib Tahu! Inilah 5 Alasan Anak Susah Makan!

Menginjak usia 1 tahun, banyak anak balita  mulai susah makan atau menjadi picky eater. Fase ini seringkali menjadi tantangan besar untuk para orang tua. Tentunya Moms & Dads ingin anak makan banyak makanan sehat supaya ia dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Namun untuk mengatasi anak susah makan, parents perlu ketahui penyebabnya terlebih dulu.

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah beberapa alasan anak susah makan yang perlu diketahui!

Bosan Dengan Makanannya

Salah satu alasan anak susah makan mungkin karena ia merasa bosan dengan menu makanan yang disajikan. Sama seperti orang dewasa, anak balita akan merasa enggan jika sering makan makanan yang itu-itu saja. Karena itu, kami sarankan parents untuk coba variasikan menu makanan anak dengan berbagai rasa, tekstur, dan presentasi yang menarik.

Tidak Merasa Lapar

Alasan berikut kenapa anak mungkin susah makan adalah karena ia merasa kenyang atau tidak lapar. Penting untuk diingat bahwa anak memiliki perut yang jauh lebih kecil dibandingkan orang dewasa, karena itu mereka dapat merasa kenyang dengan lebih cepat. Karena itu, pastikan untuk hindari membolehkan anak makan terlalu banyak cemilan atau minuman sebelum waktu makan. Coba sesuaikan jadwal makan anak untuk membantu menjaga nafsu makannya.

Hanya Mau Makan Makanan Tertentu (Picky Eater)

Menginjak usia 1 tahun, banyak anak akan menjadi lebih selektif dalam memilih makanan yang mereka suka dan tidak suka. Mengatasi anak picky eater memang tidak hal yang mudah. Namun, parents butuh coba mengatasinya dengan mendorong anak untuk mencoba berbagai macam makanan dengan berbagai macam rasa, dan tekstur.

Alasan Anak Susah Makan

Baca Juga: Waspada! 5 Hal Ini Menghambat Tumbuh Kembang Anak!

Pertumbuhan Anak Melambat

Menurut para ahli, pertumbuhan banyak anak akan melambat mulai usia 2 tahun. Ini dapat mempengaruhi tidak hanya pola makan anak, tapi juga nafsu makannya, sehingga ia makan lebih sedikit daripada sebelumnya. Ini merupakan fase yang normal terjadi pada banyak anak hingga mereka berusia 3 tahun.

Merasa Stres Atau Cemas

Stres juga memiliki banyak efek negatif pada balita dan anak kecil. Salah satunya adalah menurunkan nafsu makan anak, sehingga ia enggan makan. Karena itu, kami sarankan parents untuk hindari memaksa anak untuk makan atau menyelesaikan makanannya karena ini malah dapat membuat anak stres dan merasa cemas setiap waktu makan.

Itulah informasi seputar alasan anak susah makan dan beberapa tips cara mengatasinya. Semoga membantu, Moms & Dads! Jika anak masih susah makan sehingga mempengaruhi kesehatannya, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ya, parents.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri