• May 28, 2024

Wajib Tahu! Inilah Panduan Screen Time Anak Balita Sesuai Usia!

 Wajib Tahu! Inilah Panduan Screen Time Anak Balita Sesuai Usia!

Wajib Tahu! Inilah Panduan Screen Time Anak Balita Sesuai Usia!

Di zaman sekarang, kemajuan teknologi mempunyai dampak besar pada perkembangan anak balita. Menurut Cincinnati Children’s Hospital Medical Center di AS, lebih dari 90% balita usia 2 tahun atau lebih muda terpapar layar selama satu hingga tujuh jam per hari.

Namun, terlalu banyak screen time mempunyai efek negatif pada anak loh, parents! Karena itu, penting sekali untuk membatasi screen time agar anak tidak kecanduan dengan teknologi. 

Untuk membantu Mom & Dad, berikut ini adalah panduan screen time anak balita yang disarankan oleh World Health Organization (WHO)!

Anak Berusia 0 – 12 Bulan

Anak yang dibawah usia 1 tahun disarankan untuk tidak diberi screen time sama sekali. Pada usia ini, daripada membolahkan anak memainkan tablet atau menonton TV, parents disarankan untuk mengajak bayi mengobrol, bermain bersama, atau membacakan buku padanya. Bayi berusia 0 – 3 bulan butuh tidur untuk setidaknya 14 – 17 jam sehari, sementara bayi berusia 3 – 11 bulan butuh tidur untuk sekitar 12 – 16 jam. Memberikan anak screen time pada usia ini dapat mempunyai dampak negatif pada kualitas tidurnya sehingga tidak dapat mencukupi kebutuhan istirahat anak. Karena itu, kami sarankan untuk tidak beri bayi berusia 0 – 12 bulan screen time sama sekali, parents.

Anak Berusia 1 – 2 Tahun

Menurut WHO, anak berusia satu tahun masih tidak disarankan untuk menggunakan gadget atau screen time lainnya. Saat anak berusia 2 tahun, Mom & Dad dapat membolehkan anak tidak lebih dari satu jam screen time dalam sehari. Anak usia ini juga disarankan untuk melakukan aktivitas fisik untuk setidaknya 180 menit dalam sehari. 

Screen Time Anak Balita

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Screen Time Berlebihan Pada Anak!

Anak Berusia 3 – 4 Tahun

Bagi anak berusia 3 – 4 tahun, parents juga disarankan untuk tidak beri mereka lebih dari satu jam screen time sehari. Semakin sedikit screen time yang diberi pada anak, lebih baik untuk perkembangannya, menurut WHO. 

Demikian, itulah panduan screen time anak balita menurut WHO. Sangat penting untuk parents selalu perhatikan dan batasi screen time anak. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa terlalu banyak screen time mempunyai beberapa dampak negatif terhadap anak balita. Termasuk meningkatkan risiko obesitas, membuat anak lebih temperamental dan agresif, dan merusak perkembangan bahasa. Jadi kami sarankan untuk batasi screen time sesuai panduan WHO ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri