• May 28, 2024

Waspada! 5 Hal Ini Menghambat Tumbuh Kembang Anak!

 Waspada! 5 Hal Ini Menghambat Tumbuh Kembang Anak!

Waspada! 5 Hal Ini Menghambat Tumbuh Kembang Anak!

Setiap orang tua tentunya menginginkan anak mereka bertumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk mendukung proses tumbuh kembang ‘si Kecil’, parents perlu perhatikan faktor eksternal seperti lingkungan dan beberapa faktor internal seperti asupan gizi. Selain itu, ada beberapa hal yang parents butuh waspadai karena berpotensi menghambat tumbuh kembang anak.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat berdampak buruk pada tumbuh kembang anak.

Kurang Gizi

Kurang gizi atau nutrisi memiliki dampak yang buruk pada tubuh, pertumbuhan, dan perkembangan anak. Terutama pada anak yang masih berusia dini. Kurangnya asupan nutrisi yang cukup dan seimbang dapat mengganggu sistem imun anak sehingga membuatnya lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit. Anak yang kekurangan gizi berisiko tinggi mengalami kematian akibat penyakit saluran pernapasan atau dehidrasi karena diare.

Kebersihan Lingkungan Yang Buruk

Penting sekali untuk parents perhatikan kebersihan tidak hanya tubuh anak, tapi juga lingkungan di sekitar anak. Ini karena kebersihan lingkungan yang buruk merupakan hal yang dapat menghambat tumbuh kembang anak. Semakin buruk tingkat kebersihan suatu tempat, semakin tinggi risiko anak terpapar virus dan kuman. Ini dapat mengakibatkan anak menderita berbagai macam penyakit. Karena itu, parents butuh selalu menjaga kebersihan tubuh anak dan kebersihan makanan, minuman serta lingkungan tempat tinggal.

Kurangnya Stimulasi

Kurangnya stimulasi dapat menghambat tumbuh kembang anak. Karena itu, penting sekali untuk parents sering aktif mengajak anak bermain, berkomunikasi, dan beraktivitas fisik. Anak butuh sering berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain disekitarnya untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan sosial mereka. Hindari sering memberi anak gadget karena stimulasi yang didapatkan anak dari screen time sangat terbatas. Lebih baik untuk sering mengajak anak membaca, bermain dengan mainan, atau melakukan aktivitas lain seperti menggambar dan menari.

Menghambat Tumbuh Kembang Anak

Baca Juga: Parents, Inilah 5 Hal Yang Harus Dihindari Saat Anak Tantrum!

Pola Asuh yang Kurang Tepat

Waspada, parents! Cara Moms & Dads mengasuh dan mendidik anak juga dapat memiliki dampak besar terhadap tumbuh kembang ‘si Kecil’, loh! Orangtua yang terlalu mengatur atau protektif terhadap anak dapat menyebabkan anak kurang berinteraksi dengan lingkungannya, sehingga ‘si Kecil’ takur mengambil risiko dan tidak dapat belajar mandiri. Karena itu, kami sarankan parents untuk biarkan anak belajar untuk mengambil risiko dan belajar untuk mengatasi masalahnya secara sendiri. Hindari terlalu cepat membantu anak jika ia tidak butuh bantuan, dan hindari terlalu sering melarang anak melakukan hal-hal yang wajar seperti berlari, meloncat, dan bermain.

Penyakit

Jika anak balita sering terkena infeksi, penyakit kronis, atau penyakit lainnya, maka ini dapat mengakibatkan tumbuh kembangnya terhambat. Beberapa penyakit dapat mengakibatkan masalah pada hormon, tulang, atau bagian tubuh lain anak, sehingga berisiko anak tidak dapat mencapai potensi maksimalnya. Anak yang sering mengalami penyakit serius seringkali mengalami masalah dengan mencapai tinggi badan dan berat badan yang ideal. Karena itu, penting sekali untuk parents memberikan anak vaksin yang tepat dan menjaga kebersihan tubuh anak dan lingkungan untuk mengurangi risiko terpapar penyakit.

Demikian, itulah 5 hal yang berpotensi menghambat tumbuh kembang anak! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri