• May 28, 2024

Waspada! Ini 4 Tanda Berat Badan Anak Berlebihan!

 Waspada! Ini 4 Tanda Berat Badan Anak Berlebihan!

Waspada! Ini 4 Tanda Berat Badan Anak Berlebihan!

Tentunya, kebanyakan orangtua ingin melihat anaknya bertumbuh dan berkembang secara optimal. Karena itu, penting sekali untuk parents juga perhatikan berat badan anak supaya ia tidak mengalami obesitas, atau kelebihan berat badan.

Anak yang mengalami obesitas berisiko mengalami berbagai macam masalah kesehatan yang bisa mempengaruhinya hingga dewasa. Karena itu, yuk parents! Simak 4 tanda berat badan anak berlebihan yang perlu diwaspadai!

Berat Badan Melebihi Normal

Salah satu tanda utama bahwa anak mengalami obesitas adalah saat berat badannya melebihi batas normal yang sesuai dengan usianya. Berat badan ideal setiap anak akan berbeda tergantung dengan tinggi badannya dan beberapa faktor lain. Namun, pada umumnya, anak berusia 1 – 2 tahun disarankan untuk tidak melebihi berat badan 14.3kg, anak berusia 3 – 4 tahun disarankan untuk tidak melebihi 16.3kg, dan anak berusia 5 tahun disarankan untuk tidak melebihi 18.3kg.

Banyak Lipatan pada Beberapa Bagian Tubuh

Anak dengan berat badan yang berlebihan juga seringkali memiliki banyak lipatan pada beberapa bagian tubuh mereka. Ini termasuk lipatan pada leher, perut, paha, pinggang, dan dagu. Lipatan ini dapat menjadi tanda kelebihan lemak pada tubuh anak. Walaupun tidak jarang untuk anak “chubby” memiliki beberapa lipatan pada tubuh mereka, parents butuh waspadai jika anak memiliki terlalu banyak lipatan pada tubuhnya.

Berat Badan Anak Berlebihan

Baca Juga: Parents! Inilah Berat Badan Anak 1 – 5 Tahun Yang Ideal!

Mudah Lelah

Tanda berikut bahwa berat badan anak berlebihan adalah jika anak mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas fisik dan mudah merasa lelah. Anak yang mengalami obesitas akan merasa berat ketika ia berjalan, berlari, atau melakukan aktivitas fisik lainnya, sehingga memicu rasa malas. Selain itu, anak dengan berat badan yang berlebihan seringkali mengalami gangguan pernapasan, dan merasa tersesak saat melakukan aktivitas fisik.

Perubahan Pada Kulit

Berat badan berlebihan juga dapat mempengaruhi kondisi kulit anak. Banyak anak obesitas akan mengalami perubahan pada kulit mereka, seperti munculnya area kulit yang lebih gelap pada leher anak, atau munculnya ruam, dan gatal-gatal pada beberapa area tubuh anak.

Itulah 4 tanda berat badan anak berlebihan. Jika ‘si Kecil’ mengalami beberapa gejala tersebut, kami sarankan parents untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi anak.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri