• May 28, 2024

Waspada! Ini Ciri-Ciri Anak Balita Kekurangan Zat Besi!

 Waspada! Ini Ciri-Ciri Anak Balita Kekurangan Zat Besi!

Waspada! Ini Ciri-Ciri Anak Balita Kekurangan Zat Besi!

Zat Besi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun, menurut Riset Kesehatan Dasar, 1 dari 3 anak Indonesia di bawah usia 5 tahun berisiko terhambat tumbuh kembangnya akibat kekurangan zat besi. Karena itu, sangat penting untuk Mama dan Papa kenali apa itu ciri-ciri anemia, atau kekurangan zat besi agar dapat ditangani dengan efektif.

Berikut ini adalah ciri-ciri anak balita kekurangan zat besi!

Kulit Pucat

Anak balita yang kekurangan zat besi akan memiliki kulit dan bibir yang tampak pucat. Ini karena badan anak tidak memproduksi cukup sel darah merah sehingga aliran darah pada kulit dan bibir menurun, membuatnya terlihat pucat. Jika Mama dan Papa melihat bahwa kulit anak tampak pucat selama beberapa hari, ini bisa jadi gejala kekurangan zat besi.

Anak Cepat Lelah

Berikut, anak yang kekurangan zat besi seringkali tidak semangat bermain seperti anak seusianya dan jauh lebih cepat lelah daripada anak lain. Mama dan Papa perlu perhatikan, jika anak sering terlihat seperti kekurangan energi dan mudah merasa lelah, maka itu bisa jadi tanda bahwa anak mengalami anemia atau kekurangan zat besi.

Mudah Marah Atau Rewel

Anak balita yang kekurangan zat besi juga akan jauh lebih mudah marah dan rewel daripada anak lain. Ini karena badan ‘si Kecil’ tidak mendapatkan oksigen secukupnya sehingga sering mengalami mood swings. Dalam beberapa kasus, kekurangan zat besi juga bisa buat anak balita merasa kecemasan dan mengalami kesulitan untuk tetap fokus.

ciri-ciri anak balita kekurangan zat besi

Baca Juga: 6 Parenting Tips Balita Yang Perlu Diketahui Orang Tua!

Nafsu Makan Berkurang

Jika anak tiba-tiba kehilangan nafsu makan, ini juga bisa jadi salah satu ciri-ciri anak balita kekurangan zat besi! Bagi anak yang mengalami anemia, makanan yang dulu dia menyukai dia akan tiba-tiba tidak mau memakannya lagi. Dalam banyak kasus, anak juga akan merasa kenyang setelah hanya makan sedikit saja.

Tangan Dan Kaki Dingin

Terakhir, Mama dan Papa butuh cek tangan dan kaki anak. Bagi anak balita yang mengalami kekurangan zat besi, telapak tangan dan kaki mereka akan sering teraba dingin. Selain itu, banyak anak yang mengalami anemia akan sering mengeluh bahwa mereka merasa dingin walaupun cuaca sedang hangat atau panas.

Itulah 4 ciri-ciri anak balita kekurangan zat besi! Jika anak Mama dan Papa mengalami gejala tersebut, kami sarankan untuk segera konsultasi dengan dokter ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri