• May 29, 2024

4 Makanan Terbaik Untuk MPASI Pertama Bayi!

 4 Makanan Terbaik Untuk MPASI Pertama Bayi!

4 Makanan Terbaik Untuk MPASI Pertama Bayi!

Menginjak usia 6 bulan, banyak bayi sudah mulai dapat makan makanan pendamping ASI atau MPASI. Hal ini merupakan langkah penting dalam perkembangan bayi. Penting sekali untuk parents mencukupi kebutuhan energi dan nutrisi anak dengan MPASI yang tepat. Karena itu, untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah 4 makanan terbaik untuk MPASI pertama bayi!

Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk MPASI pertama bayi. Buah ini kaya akan lemak sehat, dan mengandung berbagai nutrisi dan vitamin penting, termasuk vitamin E, folat, dan serat. Selain itu, alpukat memiliki rasa manis yang dapat menarik ketertarikan anak, sehingga mempermudah proses makan. Alpukat juga dapat disajikan dengan berbagai cara, termasuk dihaluskan dan dibuat sebagai puree, dipotong dan diberi anak secara langsung, atau dicampur dengan berbagai makanan lain.

Yogurt

Melansir Journal of Dairy Science, yogurt mengandung berbagai vitamin seperti asam folat, kalsium, dan berbagai bakteri baik. Karena itu, yogurt merupakan makanan yang sangat sehat untuk ‘si Kecil’. Yogurt dapat membantu mendorong perkembangan tulang dan gigi bayi. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan saluran cerna. Selain hanya memberi bayi yogurt secara langsung, Moms & Dads juga dapat menyajikannya sebagai popsicle untuk menarik minat anak untuk makan.

Pisang

Pisang juga merupakan makanan yang baik untuk MPASI pertama bayi. Selain mudah dicerna dan mudah disajikan untuk ‘si Kecil’, pisang mengandung potassium dan berbagai vitamin penting seperti vitamin A, C, D, dan K, Vitamin B, folat, kolin, dan kalsium. Seperti alpukat, pisang juga memiliki rasa yang manis yang membuatnya jadi makanan kesukaan banyak anak.

MPASI Pertama Bayi

Baca Juga: Perkenalkan Bayi Pada 3 Makanan Ini Untuk Mengurangi Risiko Alergi!

Daging Ayam & Sapi

Daging sapi dan ayam merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Di dalam daging terdapat berbagai kandungan nutrisi seperti zat besi, Vitamin B, Vitamin D, Zinc, dan Omega 3. Ketika memberi bayi daging untuk MPASInya, pastikan untuk memasaknya hingga matang sepenuhnya dan menghaluskannya dengan baik.

Itulah 4 makanan terbaik untuk MPASI pertama bayi! Semoga bermanfaat, parents! Selamat mencoba!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri