• May 27, 2024

4 Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak Balita!

 4 Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak Balita!

4 Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak Balita!

Membiasakan anak membaca buku sejak kecil adalah salah satu cara paling efektif untuk mendukung perkembangan kognitifnya. Namun, Mama dan Papa tidak harus tunggu sampai ‘si Kecil’ bisa baca dan masuk sekolah untuk melakukannya. Orang Tua dapat membantu mendukung perkembangan kognitif anak balita dengan membacakan buku untuknya dari usia muda!

Berikut ini adalah 4 manfaat membacakan buku untuk anak balita yang perlu Mama dan Papa ketahui!

Menambah Kosakata

Membacakan buku untuk anak balita dapat merangsang kemampuan berbahasa anak dan menambah kosakatanya. Ketika Mama dan Papa membacakan cerita pada ‘si Kecil,’ anak akan mengamati dan belajar berbagai macam kosakata baru yang belum pernah ia tahu sebelumnya. Ini juga akan bantu anak untuk berbicara dan berkomunikasi dengan lebih baik seiring waktu.

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak yang rutin mendengarkan orangtuanya membacakan cerita padanya selama 5 tahun pertama mampu menyerap sekitar 1,4 juta kosakata lebih banyak dibandingkan anak-anak yang tidak dibacakan buku.

Membuat Anak Lebih Pintar

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa membacakan cerita untuk anak balita dapat merangsang bagian otak yang terhubung dengan kemampuan berbahasa dan pemahaman sehingga anak menjadi lebih pandai berkomunikasi. Selain itu, sebuah studi lain menemukan bahwa interaksi verbal seperti orang tua membacakan buku untuk anak dapat membantu meningkatkan skor IQ anak hingga usia 14 tahun.

Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak Balita

Baca Juga: 6 Cara Mendidik Anak Balita Agar Mandiri!

Waktu Bonding Antara Orangtua Dan Anak

Selain membantu anak menjadi lebih pintar dan menambah kosakatanya, salah satu manfaat membacakan buku untuk anak adalah untuk membantu membangun koneksi atau bond yang lebih kuat antara orangtua dan anak. Ini karena menghabiskan waktu dengan membacakan buku sambil duduk bersama dan bepelukan adalah cara baik untuk membangun koneksi emosional dengan anak. 

Mengajari Anak Tentang Dunia

Terakhir, membacakan buku untuk anak balita dapat membantu mengajarinya tentang berbagai macam konsep. Bagi bayi muda, buku dapat memperkenalkan berbagai macam huruf, warna dan nomor. Buku cerita juga dapat mengajar balita beberapa fakta baru, seperti berbagai macam binatang yang belum pernah ia ketahui. Selain membuat anak lebih pintar, ini dapat membantu membangun rasa ingin tahu ‘si Kecil’ terhadap dunia di sekitarnya.

Demikian, itulah 4 manfaat membacakan buku untuk anak balita! Meski ‘si Kecil’ mungkin belum dapat baca secara mandiri atau mengerti semua yang ada di dalam buku, membacakan buku untuk anak sangat penting karena ia dapat menyerap semua informasi yang ia dengar dari Mama dan Papa!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri