• May 28, 2024

4 Mitos Bayi Baru Lahir Yang Masih Sering Didengar!

 4 Mitos Bayi Baru Lahir Yang Masih Sering Didengar!

4 Mitos Bayi Baru Lahir Yang Masih Sering Didengar!

Bagi Orang Tua baru, merawat bayi baru lahir seringkali menjadi tantangan yang besar. Karena ini, Mama dan Papa pasti akan sering menerima saran dari teman dan keluarga seputar cara yang “benar” untuk mengurus bayi. Beberapa orang tua bahkan mempercayai mitos tentang perawatan bayi baru lahir.

Namun, secara medis mitos-mitos tersebut belum tentu terbukti kebenarannya. Jadi Mama dan Papa tidak boleh langsung percaya dengan mitos ya.

Yuk! Kita cek 4 mitos bayi baru lahir yang masih sering didengar di Indonesia yang sebenarnya salah!

Bayi Sering Digendong Membuatnya Manja

Banyak orangtua percaya bahwa terlalu sering menggendong bayi ketika nangis, dapat membuatnya manja. Namun, ini sangat salah ya, parents!

Menurut para ahli dan psikolog anak, bayi baru lahir sangat membutuhkan perhatian orang tua, terutama ketika mereka menangis. Skin-to-skin contact, seperti membelai kepala anak atau menggendongnya dapat membantu meningkatkan hubungan emosional antara orang tua dan anak.

Bedong Bayi Ketat Agar Kakinya Tidak Bengkok

Salah satu mitos bayi baru lahir yang populer adalah bahwa orang tua butuh membedong anak dengan ketat supaya kaki anak tidak menjadi bengkok. Namun, faktanya adalah kaki bayi akan melurus secara alami dengan seiring waktu. Kami sarankan untuk tidak membedong bayi terlalu kencang karena hal itu malah dapat berdampak negatif pada perkembangan motorik bayi loh, parents!

Mitos Bayi Baru Lahir

Baca Juga: Inilah 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

Bayi Hanya Boleh Dimandikan Pada Pagi Hari

Beberapa orang tua percaya bahwa bayi haru hanya boleh dimandikan pada pagi hari agar tidak sakit. Namun, secara medis waktu mandi bayi baru lahir itu tidak membuat perbedaan pada kondisi kesehatannya. Mama dan Papa hanya butuh perhatikan suhu air ketika memandikan bayi. Ingat untuk selalu pakai air hangat, ya!

Tidak Boleh Memotong Kuku Bayi Sebelum 40 Hari

Mitos bayi baru lahir terakhir adalah bahwa orang tua tidak boleh memotong kuku bayi sebelum 40 hari setelah kelahiran. Ini karena bayi baru lahir memiliki kuku yang panjang dan lembek yang seringkali membuat orang tua cenderung takut untuk memotong kukunya. Namun, penting sekali untuk memotong kuku bayi baru lahir agar anak tidak melukai wajah dan matanya secara tidak sengaja.

Itulah 4 mitos bayi baru lahir yang sebenarnya salah! Bagaimana, Mama dan Papa? Jangan asal percaya ya! Semoga Membantu!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri