• May 27, 2024

4 Penyebab Demam Pada Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

 4 Penyebab Demam Pada Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

4 Penyebab Demam Pada Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

Demam pada bayi tentu saja membuat banyak orang tua merasa cemas dan khawatir. Selain membuat ‘si Kecil’ cenderung menjadi lebih rewel dan merasa tidak nyaman, demam seringkali menjadi sebuah pertanda bahwa bayi mengalami semacam penyakit atau infeksi.

Namun, perlu diketahui bahwa demam yang berlangsung selama 3 hingga 4 hari pada umumnya tidak menandakan kondisi serius atau berbahaya pada kesehatan bayi. Meskipun itu, parents tetap harus waspada dan mengatasi gejala demam bayi supaya anak dapat pulih dengan cepat. 

Berikut ini adalah 4 penyebab demam pada bayi yang parents perlu ketahui!

Infeksi Virus atau Bakteri

Salah satu penyebab demam pada bayi adalah infeksi virus seperti pilek, flu, atau infeksi saluran pernapasan. Selain itu, demam juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri seperti infeksi tenggorokan atau infeksi telinga. Demam menandakan bahwa sistem imun bayi berfungsi dengan baik untuk melawan virus dan bakteri tersebut di dalam tubuh ‘si Kecil.’

Imunisasi atau Vaksinasi

Bayi juga akan sering mengalami demam setelah mendapatkan imunisasi atau vaksinasi. Biasanya, demam yang dialami bayi setelah imunisasi bersifat ringan dan akan hilang secara sendirinya setelah beberapa hari. Penting untuk mengikuti jadwal imunisasi dan vaksinasi yang ditentukan oleh dokter anak untuk melindungi bayi dari penyakit yang serius.

 Penyebab Demam Pada Bayi

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Sakit!

Gigi Tumbuh

Bagi beberapa bayi, proses pertumbuhan gigi juga seringkali dapat menyebabkan bayi untuk mengalami demam ringan. Ini karena gigi bayi yang tumbuh dapat memicu respons sistem imun tubuh yang menyebabkan demam. Selain demam, bayi yang tumbuh gigi akan mengalami gusi yang bengkak dan merah, dan akan menjadi jauh lebih rewel daripada biasanya.

Reaksi terhadap Lingkungan atau Pemicu Lainnya

Bayi juga dapat mengalami demam akibat suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, bayi juga dapat demam akibat reaksi alergi terhadap susu, bahan kimia, atau alergen lainnya. Karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika bayi mengalami demam untuk lebih dari 4 hari untuk cek jika demam disebabkan oleh pemicu lingkungan atau lainnya.

Ingat parents, walaupun demam ringan merupakan hal yang umum, penting untuk selalu memonitor suhu badan anak agar memastikan bahwa ia tidak mengalami penyakit serius. Jika demam anak tinggi, berlangsung untuk lebih dari empat hari atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri