• May 27, 2024

4 Tanda Bayi Alergi Minyak Telon Yang Perlu Parents Ketahui!

 4 Tanda Bayi Alergi Minyak Telon Yang Perlu Parents Ketahui!

4 Tanda Bayi Alergi Minyak Telon Yang Perlu Parents Ketahui!

Banyak orangtua sering menggunakan minyak telon pada tubuh bayi untuk membantu mengurangi beberapa masalah kesehatan, seperti kembung dan masuk angin. Namun, beberapa bayi justru mengalami reaksi alergi saat dioleskan minyak telon.

Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa bayi alergi minyak telon yang perlu parents ketahui!

Ruam Kulit

Salah satu tanda bayi alergi minyak telon adalah munculnya ruam atau kemerahan pada kulit bayi setelah dioleskan minyak telon. Ruam ini biasanya muncul dalam bentuk bercak merah dan terkadang bentol kecil pada kulit bayi. Pada umumnya, ruam ini biasanya muncul di area yang terkena minyak telon, namun bagi beberapa bayi ruam ini dapat menyebar ke seluruh tubuh bayi.

Kulit Tampak Kering dan Terkelupas

Alergi terhadap minyak telon juga dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering, bersisik, kasar, dan terkelupas. Hal ini dapat menyebabkan bayi merasa gatal, sehingga terus menggaruk tubuhnya. Untuk mengatasi ini, kami sarankan parents untuk hindari menggunakan minyak telon dan sering oleskan pelembap pada kulit ‘si Kecil’ secara rutin.

Kulit Tampak Bengkak

Beberapa bayi yang mengalami alergi minyak telon juga mungkin mengalami pembengkakan pada area kulit yang terkena minyak. Bengkak ini juga dapat tampak merah dan merasa gatal atau nyeri untuk anak. 

Bayi Alergi Minyak Telon

Baca Juga: Bayi Menolak Minum Susu Pakai Dot? Ini Cara Mengatasinya!

Bayi Rewel dan Menggaruk Kulit

Terkadang, alergi terhadap minyak telon tidak dapat terlihat secara fisik pada tubuh anak. Namun, jika parents melihat bahwa bayi sering rewel dan merasa gatal hingga menggaruk tubuhnya setelah dioleskan minyak telon, maka ini dapat menjadi tanda lain bahwa ia alergi minyak telon.

Jika Moms & Dads mencurigai bahwa bayi alergi minyak telon, sangat penting untuk segera menghentikan penggunaannya. Pada umumnya, bayi tidak begitu perlu pakai minyak untuk menghangatkan dan melembapkan tubuhnya. Semoga informasi ini bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri