• May 27, 2024

4 Tanda Bayi Siap Menerima MPASI Yang Perlu Diketahui!

 4 Tanda Bayi Siap Menerima MPASI Yang Perlu Diketahui!

4 Tanda Bayi Siap Menerima MPASI Yang Perlu Diketahui!

Semua parents tentunya sangat menantikan momen ketika anak sudah  siap menerima makanan pendamping ASI (MPASI) untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka. Namun, mungkin tidak semua parents tahu kapan waktu tepat untuk mulai memberi ‘si Kecil’ MPASI.

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah info lengkap seputar tanda bayi siap menerima MPASI!

Usia Berapa Bayi Siap MPASI

Menurut para ahli, bayi sebaiknya mendapatkan ASI eksklusif hingga sekitar usia 6 bulan. Karena itu, bayi direkomendasikan untuk mulai diberi MPASI sekitar usia 4 hingga 6 bulan. Namun, penting untuk parents ingat bahwa tidak hanya usia yang perlu diperhatikan untuk memastikan jika anak sudah siap makan makanan padat. 

Tanda Bayi Siap MPASI

Mampu Mengontrol Kepalanya dengan Tegak

Tanda pertama bahwa bayi sudah siap menerima MPASI adalah ketika dia cukup kuat menahan kepalanya secara sendiri saat duduk. Pastikan bahwa ‘si Kecil’ sudah dapat mengontrol kepalanya sehingga tegak dan stabil tanpa bantuan. Kemampuan ini sangat penting karena memastikan bahwa makanan dapat masuk ke saluran pencernaan anak tanpa gangguan ataupun hambatan saat ia makan.

Berhenti Menjulurkan Lidah

Pada beberapa bulan pertama kehidupannya, semua bayi memiliki refleks menjulurkan lidah. Hal ini yang membantu bayi untuk menghindari tersedak saat ia menyusui. Anak yang belum siap menerima MPASI akan masih memiliki refleks ini dan akan mendorong makanan padat dari mulutnya dengan lidahnya. Namun, pada bulan ke-6, refleks ini akan berkurang secara sendiri. Saat bayi sudah tidak lagi sering menjulurkan lidahnya, Moms & Dads sudah dapat mulai mengenalkan MPASI padanya.

Tanda Bayi Siap MPASI

Baca Juga: 5 Ide Sensory Play Bayi Untuk Melatih Konsentrasi Si Kecil!

Bayi Mulai Tertarik Pada Makanan

Tanda berikut bahwa bayi sudah siap untuk menerima MPASI adalah ketika mereka sudah mulai menunjuk ketertarikan pada makanan. Seringkali, bayi yang sudah mulai siap menerima MPASI akan sulit mengalihkan pandangan saat Moms & Dads atau orang sekitarnya mengunyah makanan. Mereka juga akan bersemangat membuka mulutnya saat melihat sendok mendekati mulutnya. 

Nafsu Makannya Tumbuh

Bayi yang siap untuk MPASI akan sering tampak lapar, bahkan setelah menyusu 8 hingga 10 kali dalam sehari. Nafsu makan anak akan meningkat dan mereka akan merasa tidak puas dengan hanya minum ASI atau susu formula. Jika ‘si Kecil’ sering merasa lapar walaupun baru selesai menyusui, maka itu bisa jadi salah satu tanda bahwa ia sudah siap makan makanan padat.

Makanan Terbaik Untuk Mulai MPASI

Ada banyak pilihan makanan yang bisa dijadikan makanan pertama bayi. Namun ketika pertama memulai MPASI, penting untuk Moms & Dads ingat untuk beri ‘si Kecil’ makanan yang lembut dan mudah dicerna seperti puree atau bubur. Beberapa makanan yang terbaik untuk diberi anak sebagai MPASI pertamanya termasuk sayuran yang ditumbuk seperti kentang, brokoli, dan wortel, atau buah tumbuk seperti apel, pisang, atau alpukat.

Demikian, itulah informasi seputar tanda bayi siap menerima MPASI! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri