• May 29, 2024

4 Tips Melatih Bayi Merangkak Agar Lincah!

 4 Tips Melatih Bayi Merangkak Agar Lincah!

4 Tips Melatih Bayi Merangkak Agar Lincah!

Melihat bayi merangkak untuk pertama kali merupakan momen spesial yang dinantikan semua orangtua. Pada umumnya bayi mulai belajar untuk merangkak pada usia 8 – 9 bulan, namun beberapa bayi mungkin tidak belajar untuk merangkak hingga umur 10 bulan. Penting untuk diingat bahwa perkembangan setiap anak berbeda, jadi Moms & Dads tidak perlu terlalu khawatir jika ‘si Kecil’ sedikit telat untuk belajar merangkak. 

Untuk membantu bayi menjadi lebih lincah, berikut ini adalah beberapa tips melatih bayi merangkak yang perlu parents ketahui!

Perbanyak Tummy Time

Moms & Dads perlu memberikan bayi banyak waktu untuk tengkurap. Tummy time ini sangat penting untuk meningkatkan kekuatan otot lengan, kaki, punggung, dan leher bayi, semua otot yang dibutuhkannya saat mulai merangkak. Jangan lupa untuk menyediakan bayi dengan beberapa mainan saat waktunya tengkurap agar si Kecil lebih menikmati tummy time!

Melatih Bayi Merangkak

Baca Juga: Dijamin Buat Si Kecil Lincah, Ini Tips 4 Cara Melatih Bayi Berjalan!

Pancing Dengan Mainan Atau Suara

Tips lain untuk melatih bayi merangkak adalah dengan meletakkan mainan atau benda favorit ‘si Kecil’ diluar jangkauannya supaya menarik minat anak untuk bergerak. Moms & Dads juga dapat membantu bayi cepat merangkak dengan duduk diluar jangkauannya dan menarik perhatiannya dengan mengeluarkan suara-suara lucu atau memanggil namanya. 

Pijat Tubuh Bayi

Sering pijat badan bayi secara rutinitas untuk membantu stimulasi otot-ototnya. Dengan sering beri bayi pijatan secara rutin, Moms & Dads membantunya untuk meningkatkan kelunturannya, koordinasinya, dan meningkatkan kesadaran bayi tentang posisi dan gerakan tubuhnya sendiri. Setelah memijat tubuhnya, coba ajak anak untuk melakukan tummy time agar mendorong bayi untuk mulai menggerakkan tubuhnya.

Ikut Merangkak Dengan Bayi

Bayi sering meniru orangtua, jadi coba menunjukkan kepada anak apa yang harus dilakukan dengan ikut merangkak di lantai. Bayi akan melihat Moms & Dads dan akan mulai coba meniru gerakkan badan parents, sehingga mendorong dirinya untuk mulai merangkak.

Demikian, itulah 4 tips melatih bayi merangkak. Sangat penting untuk diingat bahwa perkembangan setiap anak berbeda jadi Moms & Dads tidak perlu terlalu khawatir jika si Kecil sedikit terlambat untuk mencapai milestone ini.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri