• May 28, 2024

4 Tips Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir Agar Cepat Kering!

 4 Tips Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir Agar Cepat Kering!

4 Tips Merawat Tali Pusar Bayi Baru Lahir Agar Cepat Kering!

Pada umumnya, tali pusar bayi baru lahir akan mengering dan lepas dengan sendirinya sekitar 1 hingga 3 minggu setelah lahir. Selama proses mengering, tali pusar akan mengalami perubahan warna sebelum mengurut dan menjadi hitam. Sangat penting untuk parents merawat tali pusar bayi baru lahir dengan benar selama proses mengering agar tidak menimbulkan infeksi yang berbahaya bagi bayi.

Bagi parents yang merasa masih bingung dengan cara merawat tali pusar dengan tepat, jangan khawatir! Berikut ini 4 tips merawat tali pusar bayi baru lahir agar cepat kering.

Hindari Menyentuh Tali Pusar

Tali pusar bayi membutuhkan waktu untuk mengering dan jatuh dengan sendirinya. Menyentuh atau menarik tali pusar anak dapat memicu terjadinya pendarahan dan infeksi. Karena itu, kami sarankan untuk menghindari menyentuh atau menarik tali pusar selama masih menempel pada jaringan hidup di perut ‘Si Kecil.’ 

Pastikan Tali Pusar Tetap Kering

Pastikan tali pusar tetap kering. Usahakan supaya tali pusar tidak tertutup popok anak. Ini akan menghindari tali pusar terkena air seni dan tinja bayi yang dapat menyebabkan infeksi. Setelah memandikan anak, biarkan tali pusar terkena udara supaya mengeringkannya secara alami.

Merawat Tali Pusar Bayi

Baca Juga: Tips Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Aman!

Hindari Mandikan Bayi di Bak

Kami sarankan Moms & Dads untuk hindari mandikan anak di bak mandi. Cukup memandikan bayi dengan sponge bath atau menggunakan lap basah untuk membersihkan tubuhnya. Ini akan membantu mencegah kelembaban berlebihan pada tali pusar dan mempercepat proses pengeringannya. Selain itu, merendam anak di dalam bak mandi berpotensi membawa bakteri dan iritasi pada tali pusar ‘si Kecil.’

Memilih Pakaian yang Tepat

Salah satu cara untuk merawat tali pusar bayi adalah dengan memastikan ‘si Kecil’ memakai pakaian yang tepat. Pilih pakaian yang longgar, ringan, dan mudah menyerap keringat, sehingga udara dapat mengalir dengan baik di sekitar area tali pusar. Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat atau berbahan sintetis yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan tali pusar anak.

Itulah 4 tips cara merawat tali pusar bayi baru lahir dengan baik. Pada umumnya, perawatan tali pusar bayi tidak terlalu sulit, parents hanya perlu sabar dalam merawatnya sampai dapat mengering dan jatuh secara sendiri. Jika tali pusar anak teriritasi atau terinfeksi, kami sarankan Moms & Dads untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri