• May 28, 2024

5 Alasan Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

 5 Alasan Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

5 Alasan Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

Bayi susah tidur di malam hari merupakan masalah umum yang dialami banyak parents ketika baru memiliki anak. Bayi baru lahir seringkali tidak memiliki jadwal tidur yang rutin sehingga Mom & Dad terpaksa menenangkannya sepanjang malam. 

Namun, sebelum tahu cara mengatasinya, Mom & Dad perlu mengetahui dulu alasan bayi rewel dan susah tidur. Untuk membantu parents, LittleBabyBelly telah merangkum 5 alasan bayi susah tidur di malam hari!

Tidak Memiliki Jadwal Tidur Rutin

Bayi yang tidak memiliki jadwal tidur yang konsisten cenderung sulit tidur di malam hari. Bayi baru lahir membutuhkan waktu tidur sekitar 16 hingga 17 jam sehari, dan biasanya hanya akan terbangun selama 1 hingga 2 jam. Pada usia muda ini, bayi belum memiliki ritme sirkadian yang teratur sehingga membutuhkan rutinitas tidur yang fleksibel. Namun seiring waktu, bayi akan butuh pola tidur yang lebih teratur untuk membantu mereka mengatur ritme tidur mereka. Karena itu, kami sarankan parents untuk menjaga waktu tidur anak agar ia tidur pada waktu yang sama setiap hari ketika sudah menginjak usia 2 bulan.

Bayi Kelelahan

Beberapa orang tua mungkin pikir bahwa membuat bayi lelah akan membantunya tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, faktanya adalah overtiredness atau kelelahan berlebihan malah jadi salah satu alasan bayi susah tidur di malam hari loh, parents! Ketika bayi melewati batas kelelahan mereka, produksi hormon stres meningkat dan dapat mengganggu kualitas tidur anak. Karena itu, penting sekali untuk memperhatikan tanda-tanda kelelahan pada bayi dan menidurkan bayi sebelum ia merasa terlalu lelah.

Alasan Bayi Susah Tidur

Baca Juga: Ingin Bayi Mama Tidur Pulas? Inilah Cara Sleep Training Bayi!

Lingkungan Tidur Yang Kurang Nyaman

Lingkungan tidur yang tidak nyaman dapat mengganggu tidur bayi di malam hari sehingga ia sering terbangun dan menjadi rewel. Bayi sangat sensitif terhadap banyak hal, beberapa faktor seperti suhu ruangan yang tidak nyaman, pencahayaan yang terlalu terang, atau kebisingan dapat membuat bayi sulit tidur. Kami sarankan parents untuk jaga lingkungan tidur yang tenang supaya bayi dapat mencukupi kebutuhan istirahatnya.

Bayi merasa tidak nyaman

Salah satu alasan bayi susah tidur di malam hari mungkin juga karena ia merasa ketidaknyamanan. Ini dapat dipicu rasa lapar, kembung, sakit, atau popok kotor. Karena itu, parents perlu memastikan bahwa semua kebutuhan anak terpenuhi sebelum waktunya tidur. Periksa juga jika bayi mengalami demam atau penyakit lain yang mungkin membuatnya sulit tidur.

Bayi Mengalami Sleep Regression

Sleep Regression merupakan periode dimana bayi yang sebelumnya memiliki pola tidur yang baik tiba-tiba mengalami kesulitan tidur di malam hari. Ini seringkali terjadi pada berbagai tahap perkembangan bayi termasuk usia 4 bulan, 8 bulan, dan 18 bulan. Sleep Regression biasanya hanya bersifat sementara dan dapat hilang secara sendiri, jadi parents tidak perlu terlalu khawatir. 

Demikian, itulah 5 alasan bayi susah tidur di malam hari. Semoga membantu Mom & Dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah tidur yang dialami ‘si Kecil’! Jika masalah tidur anak membuat parents merasa cemas, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli tidur bayi, ya.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri