• May 27, 2024

5 Arti Bahasa Tubuh Bayi Yang Wajib Parents Ketahui!

 5 Arti Bahasa Tubuh Bayi Yang Wajib Parents Ketahui!

5 Arti Bahasa Tubuh Bayi Yang Wajib Parents Ketahui!

Pada umumnya, banyak bayi belum dapat bicara atau berkomunikasi dengan baik sebelum berusia 12 bulan. Namun, bayi memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh sejak dini. Karena itu, penting sekali untuk parents kenali berbagai bahasa tubuh bayi dan artinya agar dapat merespon pada kebutuhan dan keinginan mereka.

Yuk, parents! Simak 5 arti bahasa tubuh bayi yang perlu diketahui!

Menggosok Mata

Jika parents melihat ‘si Kecil’ menggosok atau mengucek matanya terlebih sambil menguap atau menangis, ini dapat menandakan bahwa ia merasa lelah dan sudah mengantuk. Ini juga bisa cara bayi ungkap keinginannya untuk suasana yang lebih tenang dan nyaman. Jika parents melihat ‘si Kecil’ sudah mulai sering menggosok matanya dan menguap, maka kami sarankan untuk menenangkannya dalam kamar yang gelap dan tenang.

Mengepalkan Tangan

Menurut para ahli, arti dibelakang bahasa tubuh ini merupakan salah satu cara bayi menyampaikan bahwa ia merasa stres, lapar, atau kurang nyaman. Jika anak mulai mengepalkan tangannya sambil menangis, coba berikannya ASI atau susu. Jika ia masih rewel dan menolak menyusu, maka ini mungkin menandakan bahwa ia sedang merasa stres, tidak nyaman, dan overstimulated.

Melengkungkan Punggung

Ketika bayi melengkungkan punggungnya, ini bisa menandakan bahwa ia merasa tidak nyaman dan stres. Ini dapat disebabkan oleh posisinya yang kurang nyaman, atau karena bayi merasa kembung dan sakit di bagian perutnya. Coba lakukan beberapa pijatan pada perut dan tubuh bayi, dan ganti posisi duduk atau tidurnya supaya lebih nyaman.

Arti Bahasa Tubuh Bayi

Baca Juga: Parents! Inilah Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Bayi!

Menarik Rambut atau Menarik Telinga

Jika bayi Moms & Dads sering menarik atau menarik telinganya, tidak perlu terlalu khawatir! Ini hanya merupakan cara bayi bereksplorasi tubuhnya sendiri. Namun, jika bayi menarik telinga dan rambutnya sambil menangis dan rewel, maka ini bisa menjadi tanda bahwa ia merasa lelah dan mulai mengantuk. 

Melipat Kedua Kaki

Ketika bayi sering melipat kedua kakinya atau mengangkat lutut ke atas perut mereka, ini bisa jadi tanda bahwa ia merasa sakit perut, kembung, atau mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Parents dapat membantu anak mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanannya dengan menepuk punggungnya agar ia bersendawa, atau dengan memijat perutnya secara perlahan agar ia buang air atau kentut. 

Itulah 5 arti bahasa tubuh bayi yang perlu parents ketahui! Semoga artikel ini bermanfaat, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri