• May 28, 2024

5 Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula Yang Perlu Diketahui!

 5 Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula Yang Perlu Diketahui!

5 Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula Yang Perlu Diketahui!

Bagi banyak orang tua. Susu formula seringkali menjadi cara alternatif untuk memenuhi gizi bayi sebagai pengganti ASI. Namun, setiap bayi berbeda, dan tidak semua bayi cocok dengan semua jenis susu formula. Karena itu, beberapa bayi mungkin mengalami beberapa gejala setelah minum susu formula.

Berikut ini adalah 5 ciri-ciri bayi tidak cocok susu formula yang perlu diketahui orang tua!

Sering Gumoh atau Muntah

Salah satu ciri-ciri utama bahwa bayi tidak cocok susu formula adalah seringnya gumoh atau muntah setelah makan. Walaupun normal untuk bayi gumoh setelah menyusu, jika ‘si Kecil’ gumoh atau muntah lebih dari 2 sendok makan setiap kali minum susu formula, maka ini dapat menjadi salah satu tanda bahwa anak tidak cocok susu formula. Kami sarankan Mom & Dad untuk segera berkonsultasi ke dokter jika bayi sering gumoh atau muntah setelah mengonsumsi susu formula.

Diare

Tidak semua diare disebabkan oleh susu formula. Namun, jika ‘si Kecil’ sering mengalami diare setelah minum susu formula, maka ini dapat menjadi pertanda bahwa tubuhnya tidak dapat mencerna formula dengan baik. Karena itu, kami sarankan parents untuk sering cek dan perhatikan popok anak setelah menyusu.

Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Baca Juga: Alasan Bayi Sering Gumoh Dan Tips Mengatasinya!

Rewel Setelah Menyusu

Apakah bayi sering rewel atau gelisah setelah menyusu susu formula? Jika iya, ini bisa menjadi tanda bahwa susu formula yang diberikan tidak cocok sehingga membuatnya mengalami gangguan pencernaan yang membuatnya merasa tidak nyaman. Bayi yang tidak cocok susu formula akan sering rewel dan menangis selama beberapa jam setelah minum susu, jadi kami sarankan parents untuk perhatikan perubahan suasana hati atau ketidaknyamanan yang terjadi setelah makan.

Munculnya Ruam 

Salah satu pertandaan bahwa bayi tidak cocok susu formula adalah munculnya ruam pada kulit bayi. Jika parents melihat adanya ruam, kemerahan, atau bintik-bintik pada kulit bayi setelah mengonsumsi susu formula, ini dapat menjadi pertandaan bahwa ‘si Kecil’ mengalami reaksi alergi terhadap susu tersebut. Ruam dapat muncul di bagian wajah, lengan, kaki, dan kulit kepala bayi.

Bayi Memiliki Masalah Tidur

Ketidakcocokan dengan susu formula juga dapat mempengaruhi pola tidur bayi. Anak yang tidak cocok dengan susu formula akan sering mengalami gangguan pencernaan yang membuatnya merasa kembung atau tidak nyaman. Sehingga ia tidak dapat tidur dengan nyenyak di lama hari. 

Demikian, itulah 5 ciri-ciri anak tidak cocok susu formula. Jika anak Mom & Dad mengalami gejala-gejala tersebut, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar dapat mencari solusi yang tepat untuk ‘si Kecil’!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri