• May 28, 2024

5 Dampak Negatif Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

 5 Dampak Negatif Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

5 Dampak Negatif Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

Empeng bayi atau pacifier merupakan alat yang seringkali dapat membantu menenangkan bayi dan memberikan mereka rasa nyaman, serta keamanan. Namun, seperti banyak hal lain, menggunakan empeng secara berlebihan memiliki beberapa dampak negatif pada bayi loh, parents! 

Yuk, simak apa saja dampak negatif empeng pada bayi!

Mengganggu Pertumbuhan Gigi

Salah satu dampak utama penggunaan empeng adalah pengaruhnya terhadap pertumbuhan gigi anak. Menggunakan empeng secara berlebihan atau untuk jangka waktu terlalu lama dapat menyebabkan gigi ‘si Kecil’ tumbuh menjadi tidak sejajar atau tidak tumbuh dengan normal. Karena itu, parents disarankan untuk tidak membolehkan anak menggunakan empeng jika mereka sudah berusia lebih dari 2 tahun.

Bingung Puting

Menggunakan empeng secara berlebihan juga dapat menyebabkan bayi sulit untuk beradaptasi dengan puting susu ibunya. Ini dapat mengakibatkan bayi mengalami kondisi yang dikenal sebagai “bingung puting”. Bayi yang mengalami ‘bingung puting’ akan kesulitan untuk belajar menyusu dari payudara, karena ia lebih terbiasa dengan mengisap empeng.

Risiko Infeksi Telinga

Salah satu dampak negatif empeng adalah meningkatkan risiko ‘si Kecil’ mengalami infeksi telinga. Hal ini terjadi karena perubahan tekanan dalam telinga bayi saat ia mengisap atau menelan empeng, sehingga membuat cairan di dalam telinganya menumpuk dan menimbulkan infeksi.

Dampak Negatif Empeng

Baca Juga: Tips Cara Menenangkan Bayi Yang Menangis Dan Rewel!

Gangguan pada Perkembangan Bicara dan Bahasa

Penggunaan empeng yang berlebihan juga dapat mengganggu perkembangan bicara dan bahasa anak. Terlalu sering menggunakan empeng dapat membuat bayi cenderung kurang berbicara dan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga ia tidak dapat mengembangkan keterampilan bahasanya.

Membuat Bayi Ketergantungan pada Empeng

Terakhir, menghisap empeng dapat menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Jika ‘si Kecil’ menjadi terlalu ketergantungan pada empeng, akan menjadi sulit untuk parents menyapih anak dari menggunakannya saat ia balita. Karena itu, kami sarankan parents untuk hindari membiarkan anak menggunakan empeng terlalu sering, atau untuk waktu yang terlalu lama, agar menghindari risiko anak menjadi ketergantungan padanya.

Demikian, itulah 5 dampak negatif empeng bayi. Semoga informasi ini bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri