• May 27, 2024

5 Hal Aneh Yang Sebenarnya Normal Pada Bayi!

 5 Hal Aneh Yang Sebenarnya Normal Pada Bayi!

5 Hal Aneh Yang Sebenarnya Normal Pada Bayi!

Tidak jarang untuk orangtua, terutama parents baru, merasa terheran-heran ketika melihat berbagai keanehan pada bayi yang baru lahir. Bagi beberapa Moms & Dads, hal ini mungkin juga dapat memicu kekhawatiran. Namun parents tidak perlu khawatir! Berikut ini adalah 5 hal yang tampak aneh tapi sebenarnya normal dan sering terjadi pada banyak bayi!

Tremor atau Tampak Seperti Kejang

Normal untuk banyak bayi baru lahir mengalami tremor, getaran atau tersentak seperti kejang. Walaupun ini mungkin membuat Moms & Dads merasa khawatir, banyak bayi mengalami ini karena mereka masih belum memiliki sistem saraf yang sempurna. Tidak hanya bayi baru lahir, menurut Alanna Levine, MD, Pakar Parenting dan Dokter Anak di New York, banyak anak berusia 3 hingga 4 bulan juga dapat mengalami ini karena mereka melalui masa perkembangan pada refleks kejutnya.

Mata Sering Berair atau Belekan

Parents juga mungkin merasa khawatir jika melihat mata anak sering berair dan belekan karena hal ini dapat menjadi pertanda infeksi pada mata ‘si Kecil’. Namun, tidak perlu terlalu khawatir Moms & Dads. Mata yang sering berair dan belekan merupakan hal yang normal untuk banyak bayi, terutama bayi baru lahir. Hal ini dapat terjadi akibat penyumbatan saluran air mata anak, namun biasanya akan sembuh secara sendiri dalam beberapa minggu.

Sering Gumoh

Bayi sering gumoh setelah mereka menyusu atau minum susu formula. Ini merupakan hal yang normal terjadi akibat otot yang berada di antara kerongkongan dan lambungnya belum bisa menutup dengan sempurna, ini menyebabkan cairan yang masuk seringkali kembali keluar melalui mulut. Parents tidak perlu terlalu khawatir tentang bayi yang sering gumoh, selama ia tidak muntah atau gumoh secara berlebihan.

Hal Normal Bayi

Baca Juga: Inilah Manfaat Mengajarkan Bahasa Isyarat Pada Bayi!

Ruam atau Jerawat pada Kulit Bayi

Kulit bayi cenderung sensitif dan rentan terhadap segala hal. Karena itu, sangat normal untuk banyak bayi mengalami ruam, bruntusan, atau jerawat pada kulit mereka. Ini biasanya muncul di bagian pipi, hidung, dahi, bahkan punggung anak. Biasanya, hal ini akan hilang secara sendiri seiring waktu, namun parents juga dapat berkonsultasi dengan dokter jika ingin cari obat untuk menyembuhkannya dengan cepat.

Bentuk Kepala Lonjong

Tidak jarang untuk bayi baru lahir memiliki bentuk kepala yang lonjong atau agak datar di bagian belakang. Hal ini biasanya disebabkan oleh tekanan yang dialami selama proses persalinan. Namun, tidak perlu khawatir Moms & Dads! Kepala ‘si Kecil’ biasanya akan kembali ke bentuk normalnya seiring waktu.

Demikian, itulah 5 hal aneh yang sebenarnya normal pada bayi, terutama bayi baru lahir! Semoga informasi ini membantu meredakan kecemasan Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri