• May 28, 2024

5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Di Bawah 1 Tahun!

 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Di Bawah 1 Tahun!

5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Di Bawah 1 Tahun!

Semua orang tua tentu saja ingin anak mereka tetap sehat dan aman, namun orang tua baru mungkin merasa bingung bingung dengan apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada bayi mereka. 

Bayi di bawah usia 1 tahun sangat rentan dan membutuhkan banyak perhatian dalam perawatan dan pengasuhan mereka. Ada beberapa hal yang perlu parents waspadai dan hindari saat merawat anak di bawah satu tahun. Untuk membantu Mom & Dad, yuk simak 5 hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi di bawah 1 tahun!

Beri Anak Nasi Utuh

Bayi di bawah 1 tahun masih belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Karena itu, lebih baik untuk hindari memberikan bayi nasi utuh atau makanan padat lain sebelum mereka siap. Walaupun bayi sudah dapat mulai makan MPASI dari sekitar usia 6 bulan, lebih baik untuk memberinya nasi dalam bentuk yang lebih halus seperti bubur sehingga mudah untuk ditelan. Moms & Dads disarankan untuk hanya mulai beri anak nasi utuh pada sekitar usia 12 bulan.

Membiarkannya Tidur Tengkurap

Membiarkan bayi di bawah 1 tahun tidur tengkurap dapat meningkatkan risiko bayi tidak dapat bernafas dan mengakibatkan sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Selama bayi berusia di bawah 1 tahun, kami sarankan parents untuk letakkan bayi tidur dalam posisi terlentang.

Bayi Di Bawah 1 Tahun

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Sakit!

Membiarkan Anak Menangis Sendirian

Beberapa orang tua mungkin pernah mendengar mitos bahwa terlalu sering menggendong bayi saat dia menangis dapat mengakibatkan anak menjadi manja. Namun, hal ini tidak benar. Faktanya, bayi menggunakan tangisan sebagai cara untuk berkomunikasi dengan Mom & Dad. Kami sarankan parents untuk jangan biarkan bayi di bawah 1 tahun untuk menangis sendirian untuk lama. Tanggapi kebutuhan bayi dengan cepat. Ini membantu membangun ikatan emosional yang kuat antara orang tua dan anak.

Memberikan Makanan Sembarangan

Setelah anak sudah dapat mulai makan MPASI, Mom & Dad harus hati-hati dengan memberi anak makan. Pada usia di bawah 1 tahun, bayi belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Karena itu, mereka belum dapat makan makanan tertentu seperti madu, makanan berlemak tinggi, putih telur, jeruk, dan lain. 

Meninggalkan Bayi Sendiri Terlalu Lama

Bayi membutuhkan perhatian dan pengawasan yang konstan. Hindari meninggalkan bayi sendirian untuk waktu yang lama, terutama di tempat yang tidak aman. Pastikan selalu ada orang dewasa yang dapat memantau anak dengan baik saat Mom & Dad perlu meninggalkannya untuk sebentar.

Demikian, itulah 5 hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi di bawah 1 tahun! Penting sekali untuk beri anak banyak perhatian dan kasih sayang agar ia dapat berkembang secara optimal. Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri