• May 27, 2024

5 Ide Sensory Play Bayi Untuk Melatih Konsentrasi Si Kecil!

 5 Ide Sensory Play Bayi Untuk Melatih Konsentrasi Si Kecil!

5 Ide Sensory Play Bayi Untuk Melatih Konsentrasi Si Kecil!

Sensory play merupakan permainan atau aktivitas yang dapat sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan anak, terutama bayi di bawah usia 3 tahun. Karena itu, penting sekali untuk parents sering mengajak ‘si Kecil’ untuk melakukan berbagai macam sensory play untuk memperkuat lima inderanya, serta mengoptimalkan kemampuan kognitifnya dan meningkatkan kemampuannya untuk berkonsentrasi.

Berikut ini adalah 4 ide sensory play bayi yang dapat parents ajak anak melakukan untuk membantu melatih konsentrasi ‘si Kecil’.

Gunakan Papan Sensory

Ide Sensory Play Bayi

Ide sensory play bayi pertama adalah papan sensory. Moms & Dads dapat menggunakan papan plastik, dan tempelkan berbagai macam benda seperti spons mandi, bola plastik, kain, bulu-bulu halus, hingga benda-benda lain. Ajak anak untuk eksplor papan tersebut dan biarkan anak untuk memegang dan bermain dengan benda-benda di papan tersebut secara bebas. Ini tidak hanya akan merangsang indra peraba anak, tapi juga akan memicu rasa ingin tahu anak sehingga ia konsentrasi pada papan tersebut. 

Bermain Dengan Es

Aktivitas sensory play berikut yang dapat Moms & Dads lakukan untuk melatih konsentrasi anak adalah bermain dengan es. Cukup membekukan air dan beberapa mainan kecil di dalam wadah yang aman, lalu biarkan anak meraba dan eksplorasi es tersebut. Anak akan merasa bingung dan tertarik dengan mainannya yang ada di dalam es, sehingga melatih konsentrasi anak. Pastikan saja Moms & Dads selalu mengawasi bayi saat ia bermain dengan es untuk menghindari resiko tersedak atau masalah lainnya.

Baca Juga: Inilah 5 Tips Cara Melatih Bayi Berjalan!

Menggunakan Cermin

Ide Sensory Play Bayi

Aktivitas ini dapat dilakukan sejak dini. Bayi sangat tertarik dengan cermin dan refleksi diri mereka. Karena itu, Moms & Dads dapat meletakkan cermin di dekat bayi, dan biarkan anak bereksplorasi dengan melihat wajah dan gerakan mereka sendiri di cermin. Ini tidak hanya akan membantu anak meningkatkan kesadaran diri dan kemampuan kognitif, tapi juga akan melatih konsentrasi mereka.

Membaca Buku Interaktif

Membaca buku interaktif dimana anak dapat meraba berbagai macam tekstur yang terdapat dalam buku juga merupakan salah satu ide sensory play bayi yang bagus. Selain dapat menarik perhatian anak dan membantu melatih konsentrasinya, buku-buku interaktif tersebut juga dapat membantu anak memperkuat indra peraba mereka. Membacakan buku pada anak sejak usia dini juga memiliki beberapa efek positif untuk perkembangan anak.

Demikian, itulah 4 ide sensory play bayi yang dapat Moms & Dads coba untuk melatih konsentrasi anak! Selamat mencoba, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri