• May 28, 2024

5 Ide Sensory Play Bayi Untuk Melatih Motorik Halus Anak!

 5 Ide Sensory Play Bayi Untuk Melatih Motorik Halus Anak!

5 Ide Sensory Play Bayi Untuk Melatih Motorik Halus Anak!

Pada usia 0-48 bulan, anak memiliki kepekaan indera yang tinggi untuk mempelajari hal-hal baru. Karena itu, ini merupakan waktu yang penting untuk anak melakukan sensory play supaya mereka dapat belajar meningkatkan keterampilan motorik halusnya. 

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah 5 ide sensory play bayi yang dapat melatih motorik halus anak!

Bermain dengan Sensory Bin

Ide Sensory Play Bayi

Sensory bin merupakan wadah yang berisi berbagai macam bahan dan objek seperti biji-bijian, bola plastik, pasir, dan lain-lain. Biarkan anak untuk bereksplorasi, merasakan, mencubit, dan menggenggam bahan-bahan tersebut. Pastikan saja untuk selalu awaskan anak selama ia main agar ia tidak menelan atau memakan benda-benda di dalam sensory bin. Aktivitas ini dapat membantu anak tidak hanya belajar tentang berbagai macam tekstur, tapi juga membantu melatih otot-otot tangan dan jarinya saat ia menggenggam dan bermain.

Bermain dengan Jelly atau Agar-Agar

Ide sensory play bayi berikutnya adalah jelly atau agar-agar. Buatlah agar-agar dan biarkan anak merasakan dan bermain dengannya. Agar-agar memiliki warna yang berbeda-beda dan tekstur yang kenyal sehingga dapat menarik perhatian dan rasa ingin tahu anak. Dengan memegang dan bermain dengan jelly, anak dapat melatih motorik halusnya.

Finger Painting

Ide Sensory Play Bayi

Aktivitas ini merupakan sensory play yang fokus melatih indera pengelihatan, sekaligus indera peraba anak. Untuk membuat sensory play ini, Moms & Dads cukup letakkan cat berbagai macam warna di atas kertas dan masukkan ke plastik bening atau ziplock bag. Lalu, berikan pada bayi dan biarkan ia menggoreskan cat dengan jari-jarinya sehingga warna mencampur dan mengaduk sesuka mereka. Ini tidak hanya membantu anak belajar tentang berbagai macam warna, tapi aktivitas menggoreskan cat dengan jari-jarinya membantu anak untuk menguatkan motorik halusnya.

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak Sejak Dini!

Bermain dengan Beras

Ide Sensory Play Bayi

Berikut, Moms & Dads juga dapat menggunakan beras sebagai salah satu cara menguatkan motorik halus anak! Cukup mewarnakan beras dengan pewarna makanan, lalu beri pada anak di dalam wadah. Biarkan anak merasakan tekstur beras, menggenggamnya, dan meremas-remasnya. Aktivitas ini dapat membantu melatih dan menguatkan otot tangan dan jari anak.

Bermain dengan Mainan Gantung

Terakhir, untuk bayi yang masih sangat muda, Moms & Dads dapat menggantung berbagai mainan warna-warni di atas ranjang bayi berbaring. Ini tidak hanya dapat melatih indera pengelihatan, tapi juga dapat menguatkan motorik halus anak. Ini karena mainan warna-warni yang digantung di atas akan menarik perhatian ‘si Kecil’ sehingga tangannya akan bergerak untuk menangkap dan memgang mainan tersebut. 

Demikian, itulah 5 ide sensory play bayi untuk melatih motorik halus anak! Selamat mencoba, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri