• May 28, 2024

5 Kesalahan Umum Tummy Time Bayi Yang Perlu Parents Hindari!

 5 Kesalahan Umum Tummy Time Bayi Yang Perlu Parents Hindari!

5 Kesalahan Umum Tummy Time Bayi Yang Perlu Parents Hindari!

Tummy Time merupakan aktivitas yang sangat penting untuk membantu perkembangan bayi. Tummy time tidak hanya membantu memperkuat otot-otot ‘si Kecil’, tapi juga membantu mencegah kemungkinan bentuk datar pada kepala belakang, dan meningkatkan minat anak untuk mulai duduk, merangkak, dan berjalan. 

Namun, banyak orangtua baru mungkin masih merasa bingung seputar bagaimana cara melakukan tummy time dengan tepat. Karena itu, berikut ini adalah 5 kesalahan umum yang perlu parents hindari melakukan saat tummy time dengan bayi! 

Tidak Memberikan Waktu yang Cukup untuk Tummy Time

Banyak parents baru mungkin merasa sedikit khawatir ketika mulai melakukan tummy time dengan anak, terutama jika bayi mereka masih berusia di bawah 1 bulan. Namun, ini malah menyebabkan banyak parents untuk tidak memberikan anak cukup waktu untuk melatih memperkembangkan otot-otot mereka. Ketika bayi baru lahir, parents dapat mulai tummy time 1 hingga 3 kali sehari, dengan setiap sesi mulai dari beberapa detik hingga 1 menit. Frekuensi dan durasi tummy time akan meningkat seiring waktu, jadi penting untuk parents ketahui kebutuhan tummy time sesuai usia anak.

Tidak Memberikan Permukaan yang Aman

Kesalahan berikut yang sering dilakukan oleh orangtua saat tummy time adalah tidak memberikan permukaan yang aman untuk bayi. Bayi perlu diletakkan di lantai yang bersih dan datar, menggunakan matras atau selimut yang lembut. Hindari meletakkan bayi pada permukaan yang keras atau licin yang dapat menyebabkannya terluka atau cedera. Parents juga butuh pastikan bahwa tidak ada objek yang berbahaya di sekitar bayi saat tummy time.

Tidak Mengawasi Bayi Saat Tummy Time

Penting sekali untuk parents selalu mengawasi bayi saat waktunya tummy time. Meskipun pada umumnya tummy time merupakan aktivitas yang aman, parents butuh ingat bahwa bayi yang muda masih seringkali belum dapat mengangkat kepalanya dengan baik. Jika tidak diawasi, ada risiko bayi dapat tersedak atau membanting kepalanya pada lantai dan terluka. Karena itu, pastikan untuk selalu mengawasi ‘si Kecil’ saat ia melakukan tummy time.

Kesalahan Tummy Time

Baca Juga: Inilah Panduan Tummy Time Bayi Sesuai Usia

Tidak Membuat Tummy Time Menyenangkan

Bayi Moms & Dads suka rewel atau menangis ketika waktunya untuk mulai tummy time? Bisa jadi ini karena parents tidak membuat tummy time sebagai aktivitas yang menyenangkan bagi bayi. Selain merasa aman dan nyaman, penting untuk parents membuat bayi merasa terhibur selama tummy time. Parents dapat menggunakan mainan atau objek menarik lainnya untuk menarik perhatian bayi, dan sering berinteraksi dengan bayi dengan berbicara padanya selama tummy time agar ia tetap senang.

Tidak Melakukan Tummy Time Secara Rutin

Kesalahan terakhir yang sering parents lakukan saat tummy time adalah tidak melakukannya secara rutin. Tummy time merupakan kegiatan yang perlu bayi lakukan dengan sering untuk membantu otot-ototnya berkembang dengan baik. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk tummy time setiap hari.

Demikian, itulah 5 kesalahan umum yang perlu parents hindari saat melakukan tummy time dengan bayi! Semoga membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri