• May 27, 2024

5 Makanan Penambah Asi Yang Perlu Diketahui Mama!

 5 Makanan Penambah Asi Yang Perlu Diketahui Mama!

5 Makanan Penambah Asi Yang Perlu Diketahui Mama!

Mau menyusui anak dengan ASI eksklusif tapi mengalami masalah dimana ASI Mama sedikit atau seret? Jangan khawatir Mama, ada beberapa makanan yang dapat memperbanyak ASI secara natural yang disebut sebagai makanan laktogenik!

Yuk! Simak 5 makanan penambah asi yang perlu Mama ketahui!

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan penambah ASI natural. Ini karena oatmeal mengandung hormon galaktagog yang mendorong badan wanita untuk meningkatkan produksi ASI. Selain dapat membantu melancarkan produksi ASI, oatmeal juga sangat sehat untuk dikonsumsi karena dapat membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, lho!

  1. Aprikot & Kurma

Aprikot dan kurma mengandung hormon prolaktin yang mendorong badan wanita untuk meningkatkan suplai ASI. Selain itu, aprikot dan kurma juga sangat sehat untuk dikonsumsi! Kedua makanan ini juga mengandung berbagai macam nutrisi penting untuk badan Mama seperti vitamin A, vitamin C, dan potasium.

  1. Bawang Putih

Sama seperti gandum, bawang putih juga mengandung hormon galactagogue yang dapat membantu badan Mama memperbanyak dan melancarkan ASI. Selain itu, sebuah penelitian juga menemukan bahwa bawang putih dapat membuat rasa ASI lebih enak sehingga bayi menyusu lebih sering dan untuk waktu lebih lama.

makanan penambah ASI

Baca Juga: Wajib Tau! Alasan Ibu ASI Lebih Baik Daripada Susu Formula!

  1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kale, dan kankung semua mengandung hormon galaktagog dan fitoestrogen yang dapat membantu produksi ASI. Tidak hanya itu, tapi sayuran berdaun hijau mengandung banyak nutrisi dan vitamin bagus untuk badan wanita, jadi kami sarankan Mama untuk sering makannya agar tetap sehat, ya!

  1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah dan almond mengandung banyak mineral penting seperti kalsium, vitamin K, vitamin B, dan zat besi. Kacang-kacangan juga mengandung hormon galaktagog yang dapat menambahkan dan melancarkan produksi ASI Mama.

Itulah 5 makanan penambah ASI! Bagaimana Mama dan Papa? Semoga informasi tersebut dapat membantu supaya Mama dapat menyusui bayi ASI dengan lebih mudah!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri