• May 28, 2024

5 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Usia 6 Bulan!

 5 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Usia 6 Bulan!

5 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Usia 6 Bulan!

Semua orang tua pasti ingin anaknya bertumbuh dan berkembang dengan sehat. Seiring usia bayi bertambah, berat badannya juga ikut bertambah. Namun, bagi beberapa bayi mengalami kesulitan untuk tambah berat bada.

Jika anak Mama dan Papa mengalami penurunan berat badan atau susah untuk naik berat badan, jangan khawatir! Berikut ini adalah 5 makanan penambah berat badan bayi yang akan bantu ‘si Kecil’ mengalami pertambahan berat badan sesuai kurva pertumbuhannya.

Pisang

Pisang memiliki jauh lebih banyak kalori dibandingkan beberapa jenis buah lain. Karena ini, pisang dapat membantu bayi menaikkan berat badan dengan cepat! Tidak hanya penuh kalori, pisang juga mengandung kalium, vitamin C, dan vitamin B6 yang semua sehat untuk badan bayi yang bertumbuh. Selain itu, pisang juga sangat mudah untuk diberi pada bayi. Mama dan Papa dapat membuat smoothies, jus, bubur pisang, ataupun mengerok pisang dengan sendok dan langsung memberikannya kepada bayi.

Alpukat

Alpukat termasuk sebagai salah satu buah dengan kandungan lemak tak jenuh yang banyak, sehingga dapat menambah berat badan bayi secara efektif. Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung bayi. Alpukat juga memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis sehingga mudah untuk diberi pada anak bayi.

Kentang

Makanan penambah berat badan bayi satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang besar – sekitar 26 gram pada satu kentang berukuran sedang. Selain itu, kentang juga kaya dengan berbagai macam mineral dan vitamin seperti vitamin B6 dan vitamin C yang sehat untuk badan bayi. Kentang juga mudah untuk dihancurkan sehingga dapat dimasukkan pada berbagai macam resep MPASI.

Minyak Zaitun

Satu gram lemak nabati yang terkandung dalam minyak zaitun bisa berjumlah hingga sembilan kalori. Karena ini, minyak Zaitun dapat membuat bayi menambah berat badan dengan sangat mudah. Kami sarankan Mama dan Papa untuk tambahkan tidak lebih dari 1/4 sendok teh minyak ini untuk setiap 2 ons MPASI.

Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Baca Juga: 5 Resep MPASI Untuk Bayi 6 Bulan Yang Mudah Dibuat!

Selai Kacang

Kacang penuh dengan lemak sehat sehingga dapat membantu anak menambah berat badan dengan mudah. Selain itu, American Academy of Allergy, Asthma, and Immunology menyarankan semua orang tua untuk memperkenalkan kacang seperti almond dan kacang selai pada bayi berusia 6 bulan. Ini akan membantu bayi untuk mencegah alergi kacang dari usia muda.

Demikian, itulah 5 makanan penambah berat badan bayi yang perlu Mama dan Papa ketahui! Agar bayi jadi lebih sehat, kami sarankan Mama dan Papa untuk memberi anak makanan yang bervariasi agar dapat melengkapkan kebutuhan nutrisinya.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri