• May 27, 2024

5 Manfaat Sensory Play Untuk Bayi Yang Perlu Diketahui!

 5 Manfaat Sensory Play Untuk Bayi Yang Perlu Diketahui!

5 Manfaat Sensory Play Untuk Bayi Yang Perlu Diketahui!

Sensory Play atau permainan sensorik merupakan jenis aktivitas yang dapat merangsang dan menstimulasi indera-indera bayi. Pada umumnya, sensory play berfokus pada menstimulasi indera penglihatan, pendengaran, dan perabaan anak. Menurut para ahli, sensory play memiliki beberapa dampak positif terhadap tumbuh kembang bayi.

Yuk, parents! Kenali 5 manfaat sensory play untuk bayi!

Membantu Keterampilan Bahasa

Ketika Moms & Dads mengajar anak untuk bermain permainan sensorik, parents akan mengenalkannya pada berbagai macam hal yang baru. Ini dapat membantu merangsang keterampilan bicara dan komunikasi bayi. Contohnya, Moms & Dads dapat bermain sensory play yang melibatkan air berwarna. Ketika bermain, parents dapat mengenalkan bayi tidak hanya pada tekstur air, tapi juga dengan nama warna-warna tersebut.

Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif

Salah satu manfaat sensory play untuk bayi adalah dapat membantu mengoptimalkan perkembangan kognitif anak. Permainan sensorik merupakan cara yang efektif untuk membantu anak mengamati berbagai macam informasi, sehingga membantu anak meningkatkan daya ingat dan kemampuannya untuk memikir. Contohnya, Moms & Dads dapat membantu mengenali anak pada berbagai macam benda baru melalui permain sensorik, sehingga ‘si Kecil’ dapat lebih memahami tentang tekstur objek yang berbeda. 

Membantu Keterampilan Motorik Halus

Pada umumnya, banyak bayi masih belum dapat mengendali tubuhnya secara efektif. Karena itu, sensory play merupakan aktivitas yang sangat bagus untuk membantu merangsang keterampilan motorik halus bayi. Ajak bayi untuk melakukan beberapa permainan sensorik yang dapat melatih motorik halusnya, seperti mencubit, memencet, dan menggerakkan objek kecil.

Manfaat Sensory Play Untuk Bayi

Baca Juga: 5 Ide Aktivitas Yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak!

Membantu Keterampilan Motorik Kasar

Selain keterampilan motorik halus, sensory play juga dapat membantu bayi perkembangkan keterampilan motorik kasar mereka. Ini dapat membantu ‘si Kecil’ melatih koordinasi dan kekuatan ototnya, serta keseimbangan diri. Beberapa contoh permainan sensorik yang dapat dilakukan untuk merangsang keterampilan motorik halus bayi termasuk membantunya untuk menginjak dan merasakan berbagai macam tekstur seperti air, tanah, dan pasir.

Meningkatkan Konsentrasi Anak

Terakhir, salah satu manfaat sensory play untuk bayi adalah peningkatan konsentrasi anak. Pada usia muda, masih banyak hal dan yang belum bayi melihat atau mengalami, karena itu sensory play merupakan cara yang baik untuk menarik perhatian dan memicu rasa ingin tahu mereka. Ini akan membantu meningkatkan konsentrasi mereka secara perlahan. Beberapa permainan sensorik yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan konsentrasi bayi termasuk menyanyikan lagu untuk mereka, dan memberi anak berbagai macam benda untuk diraba dan dieksplor. 

Itulah 5 manfaat sensory play untuk bayi yang perlu parents ketahui! Dengan sering mengajak bayi untuk bermain permainan sensorik, Moms & Dads dapat membantu anak untuk berkembang secara optimal!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri