• May 28, 2024

5 Manfaat Skin To Skin Dengan Bayi Yang Parents Perlu Ketahui!

 5 Manfaat Skin To Skin Dengan Bayi Yang Parents Perlu Ketahui!

5 Manfaat Skin To Skin Dengan Bayi Yang Parents Perlu Ketahui!

Parents mungkin pernah mendengar istilah skin to skin contact. Ini merupakan momen ketika Moms & Dads menggendong atau mendekap bayi sehingga kulit anak bersentuhan dengan kulit orangtua. Skin to skin memiliki beberapa manfaat yang cukup penting pada kesehatan fisik maupun mental bayi dan orang tua. 

Yuk, parents! Kenali 5 manfaat skin to skin dengan bayi di artikel berikut ini!

Meningkatkan Perkembangan Mental Bayi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa bayi prematur yang menerima banyak skin to skin contact dengan orang tua memiliki fungsi otak yang jauh lebih baik ketika berusia 15 tahun, dibandingkan anak lain yang tidak menerima skin to skin. Selain itu, para ahli menemukan bahwa sering melakukan skin to skin contact dengan bayi dapat membantu mempercepat perkembangan otak mereka.

Memudahkan Proses Menyusui

Skin to skin contact juga membantu memudahkan proses menyusui bayi. Sentuhan ibu pada kulit bayi dapat merangsang bayi untuk mencari puting dan mengonsumsi ASI dengan lebih mudah. Kontak fisik yang dekat juga merangsang produksi hormon oksitosin, yang dapat mendorong tubuh Moms untuk produksi lebih banyak ASI, sehingga tidak mudah seret. 

Manfaat Skin To Skin Dengan Bayi

Baca Juga: Tips Cara Memberi ASI Eksklusif Dengan Tepat!

Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Salah satu manfaat skin to skin contact dengan bayi adalah meningkatnya kualitas tidur bayi. Rasa hangat yang dirasakan anak saat disentuh orang tua dapat membuat mereka merasa aman dan nyaman, sehingga membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak. Selain itu, kontak fisik dengan orang tua juga membantu dalam mengatur suhu tubuh bayi, sehingga membantu menjaga bayi agar tetap hangat.

Melindungi Bayi dari Infeksi

Telah dibuktikan oleh peneliti bahwa skin to skin contact dapat meningkatkan kekebalan tubuh bayi terhadap infeksi dan kuman. Hal ini terjadi karena melakukan kontak fisik yang dekat dapat menularkan bakteri baik dari tubuh ibu ke bayi, sehingga membantu bayi mengembangkan sistem imun yang lebih kuat. 

Mengurangi Stres

Terakhir, salah satu manfaat skin to skin adalah mengurangi tingkat stres pada bayi dan orang tua. Sentuhan dan kehadiran orang tua membantu menenangkan bayi dan meredakan stres yang mungkin mereka alami. Sementara bagi Moms, Skin to Skin juga merangsang pelepasan hormon oksitosin yang membantu mengurangi rasa stres dan kecemasan.

Demikian, itulah 5 manfaat skin to skin contact dengan bayi. Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri