• May 27, 2024

5 Penyebab Bayi Susah Makan Serta Cara Mengatasinya!

 5 Penyebab Bayi Susah Makan Serta Cara Mengatasinya!

5 Penyebab Bayi Susah Makan Serta Cara Mengatasinya!

Memiliki bayi yang sulit makan bisa menjadi tantangan besar bagi banyak orang tua. Parents tentu butuh banyak kesabaran dalam menghadapinya. Namun, untuk dapat mengatasi bayi susah makan, Moms & Dads butuh mengenali lebih dulu apa penyebabnya.

Untuk membantu, berikut ini 5 penyebab umum bayi susah makan dan beberapa cara mengatasinya:

Merasa Bosan Dengan Makanannya

Salah satu penyebab bayi susah makan adalah karena mereka merasa bosan dengan makanan yang diberi padanya. Mau itu rasa makanan ataupun tekstur makanan. Untuk mengatasi masalah ini, parents butuh lebih bervariasi dalam menu dan memberikan anak pilihan makanan yang berbeda setiap hari. Selain itu, parents juga dapat membantu menarik perhatian dan minat anak untuk makan dalam melibatkannya dalam memasak atau menyiapkan makanan mereka.

Merasa Tertekan Untuk Makan

Bayi yang merasa stres atau tertekan untuk makan akan merasa tegang dan cemas, sehingga tidak mau makan sama sekali. Karena itu, penting sekali untuk parents ciptakan suasana yang santai dan menyenangkan selama makan. Hindari memaksa anak untuk makanan atau menyelesaikan makanannya. 

Bayi susah makan

Baca Juga: 4 Tanda Anak Kekurangan Gizi Dan Cara Menanganinya!

Takut Makanan Baru

Bayi baru dapat mulai makan makanan padat pada usia 6 bulan, karena itu banyak bayi cenderung merasa cemas dan sedikit takut terhadap makanan baru. Hal ini dapat memicu anak menjadi susah makan. Untuk mengatasi ini, parents butuh memberikan ‘si Kecil’ contoh yang positif dengan sering mencoba berbagai macam makanan dan melibatkan bayi dalam proses menyiapkan MPASI mereka.

Kelelahan

Anak yang merasa kelelahan akan mengalami kekurangan nafsu makan, sehingga membuatnya susah makan. Karena itu, pastikan ‘si Kecil’ mencukupi kebutuhan istirahat mereka dan memiliki jadwal tidur yang teratur. Buat rutinitas tidur dan waktu makan yang konsisten dan nyaman untuk menjaga keseimbangan energi dan nafsu makan anak.

Cacingan

Penyakit cacingan merupakan salah satu penyebab bayi susah makan atau tidak mau makan sekali. Penyakit infeksi parasit cacing ini dapat membuat anak mengalami gangguan pencernaan dan berat badannya menurun. Apabila parents merasa khawatir bahwa ‘si Kecil’ cacingan, kami sarankan untuk segera periksa ke dokter.

Demikian, itulah 5 penyebab umum bayi susah makan dan cara mengatasinya. Jika ‘si Kecil’ tetap sulit makan sehingga mempengaruhi kesehatannya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri