• May 27, 2024

5 Penyebab Kulit Bayi Kering Yang Perlu Parents Ketahui!

 5 Penyebab Kulit Bayi Kering Yang Perlu Parents Ketahui!

5 Penyebab Kulit Bayi Kering Yang Perlu Parents Ketahui!

Kulit yang kering dan mengelupas merupakan masalah yang dialami oleh banyak bayi. Hal ini terjadi karena kulit bayi masih sangat sensitif dan tipis, sehingga mudah iritasi dan kering. Untuk mengatasi kulit kering bayi, parents butuh ketahui penyebabnya terlebih dahulu.

Karena itu, berikut ini adalah 5 penyebab kulit bayi kering yang parents butuh ketahui!

Penggunaan Produk Yang Salah

Penggunaan sabun dan produk skincare lainnya yang tidak cocok dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering dan bersisik. Pastikan parents tidak memilih produk yang mengandung alkohol ataupun pewangi. Jika ‘si Kecil’ memiliki kulit yang sangat sensitif, kami sarankan untuk menggunakan produk antiallergen.

Dehidrasi

Jika parents tidak mencukupi kebutuhan cairan anak, ia dapat mengalami dehidrasi. Hal ini dapat memicu kulit anak menjadi kering dan terkelupas. Untuk menghindari ini, parents butuh pastikan bahwa anak menerima cukup ASI atau susu setiap hari. 

Kulit Bayi Kering

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Bayi Dehidrasi!

Kebiasaan Mandi Yang Kurang Tepat

Ketika memandikan bayi, pastikan air mandi tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Selain itu, pastikan bayi tidak terpapar air untuk waktu yang terlalu lama karena hal ini dapat menghilangkan minyak alami di tubuh bayi. Para ahli menyarankan parents tidak memandikan bayi untuk lebih lama dari 10 menit karena hal ini dapat mengakibatkan kulit bayi kering dan mudah teriritasi.

Udara Terlalu Dingin Atau Terlalu Panas

Udara yang terlalu panas atau dingin memiliki tingkat kelembaban yang rendah, sehingga dapat meningkatkan risiko kulit bayi menjadi kering. Karena itu, kami sarankan parents untuk menggunakan humidifier untuk menjaga kelembaban di dalam ruangan. Pastikan juga bayi menggunakan baju yang cukup longgar sehingga tubuh bayi tidak merasa terlalyu panas di dalam ruangan.

Eksim atau penyakit Kulit lainnya

Terakhir, salah satu alasan kulit bayi kering mungkin karena ia mengalami kondisi seperti eksim, iktiosis, atau penyakit kulit lainnya. Untuk memastikan hal ini, parents butuh berkonsultasi dengan dokter agar mendapat diagnosa yang tepat. Jika sudah mendapat diagnosa, parents dapat berdiskusi dengan dokter mengenai cara untuk mengobati penyakit kulit ‘si Kecil’.

Demikian, itulah 5 penyebab kulit bayi kering yang parents butuh ketahui! Jika parents merasa khawatir dengan kondisi kulit anak, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri