• May 27, 2024

5 Tips Cara Memperbanyak ASI Secara Alami!

 5 Tips Cara Memperbanyak ASI Secara Alami!

5 Tips Cara Memperbanyak ASI Secara Alami!

Untuk 6 bulan pertama sejak dilahirkan, ASI eksklusif merupakan asupan yang paling penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Karena itu, penting sekali untuk Moms memproduksi ASI yang cukup untuk ‘si Kecil’ dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Namun sayangnya, tidak jarang untuk Moms baru mengalami ASI seret.

Jika Moms mengalami kesulitan dalam memproduksi cukup ASI untuk ‘si Kecil’, jangan khawatir! Berikut ini adalah 5 tips cara memperbanyak ASI secara alami!

Sering Memompa ASI Secara Rutin

Salah satu cara memperbanyak ASI dengan efektif adalah dengan sering memompa ASI ketika bayi sedang tidak menyusu. Sering memompa ASI secara rutin dapat membantu payudara Moms menjadi kosong. Hal inilah yang memicu tubuh untuk mengirim sinyal agar dapat memproduksi lebih banyak ASI terus menerus. Moms dapat memompa ASI kapan saja, termasuk di pagi hari sebelum bayi bangun, ataupun ketika bayi sudah kenyang menyusui. Para ahli juga menyarankan Moms untuk memompa masing-masing payudara untuk setidaknya 10 menit. 

Makan Makanan untuk Meningkatkan Produksi ASI

Penting juga untuk Moms selalu makan sehat dan mencukupi kebutuhan cairan agar tubuh dapat memproduksi ASI secara optimal. Selain itu, Moms juga dapat konsumsi berbagai makanan yang dinyatakan dapat meningkatkan produksi ASI. Beberapa makanan penambah ASI termasuk bawang putih, oatmeal, dan aprikot.

Menyusui dari Kedua Sisi Payudara

Tidak jarang untuk beberapa Moms hanya menyusui anak dari satu payudara. Namun, hal ini dapat menyebabkan ASI seret loh, parents! Karena itu, kami sarankan untuk selalu menyusui secara bergantian pada kedua sisi payudara. Biarkan bayi menyusu di sisi payudara pertama hingga berhenti, lalu gantikan dengan sisi payudara yang lain. Hal ini dapat merangsang atau stimulasi tubuh Moms sehingga menjadi cara untuk memperbanyak produksi ASI.

Cara Memperbanyak ASI

Baca Juga: Moms Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Belum Siap MPASI!

Perbanyak Skin-to-Skin Contact

Sering bersentuhan kulit atau melakukan skin to skin contact merupakan salah satu cara memperbanyak ASI loh, Moms! Ini karena sering bersentuhan kulit dengan anak mendorong tubuh untuk mengirim sinyal yang dapat merangsang produksi ASI. Karena itu, kami sarankan Moms untuk sering melakukan skin-to-skin, terutama ketika bayi sedang menyusui. 

Istirahat yang Cukup

Stres atau kurangnya istirahat dapat memiliki dampak negatif terhadap produksi ASI. Pastikan Moms mendapatkan cukup istirahat setiap hari, dan coba mengelola stres sebaik mungkin. Kami juga sarankan Moms untuk hindari melakukan kegiatan atau aktivitas berat yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah berlebihan. Habiskanlah lebih banyak waktu bersantai dan beristirahat bersama bayi.

Demikian, itulah 5 tips cara memperbanyak ASI secara alami! Semoga membantu, Moms!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri