• May 27, 2024

5 Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

 5 Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

5 Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Di Malam Hari!

Bayi susah tidur di malam hari merupakan tantangan yang sering dialami oleh banyak orangtua. Hal ini seringkali memaksa parents untuk harus terjaga sepanjang malam, sehingga merasa kelelahan. Namun, parents tidak perlu khawatir! Ada beberapa cara untuk mengatasi bayi susah tidur. Yuk! Simak di artikel ini!

Cari Tahu Penyebabnya

Ada beberapa alasan kenapa bayi mungkin susah tidur di malam hari. Beberapa penyebab umum termasuk bayi merasa sakit, bayi merasa ketidaknyamanan akibat kembung atau sakit perut, bayi belum merasa lelah, dan selainnya. Sebelum parents dapat mengatasi bayi susah tidur, Moms & Dads perlu cari tahu alasannya terlebih dulu. Ini akan membantu Moms & Dads dapat mengambil tindakan yang tepat, sesuai, dan efektif.

Kenalkan Perbedaan Siang dan Malam

Salah satu alasan bayi susah tidur mungkin karena ia belum mengetahui perbedaan antara siang dan malam, sehingga belum merasa lelah atau ngantuk di malam hari. Untuk mengatasi ini, Moms & Dads perlu memperkenalkan anak kepada perbedaan siang dan malam. Sering ajak ‘si Kecil’ untuk bermain, berbicara, dan beraktivitas di siang hari dan pastikan anak berada di ruangan yang selalu terang. Sementara pada malam hari, usahakan agar tidak ada banyak suara di dalam rumah, dan hindari melakukan aktivitas yang terlalu energetik bersama anak. 

Ciptakan Suasana Nyaman Sebelum Tidur

Cara berikut untuk mengatasi bayi susah tidur adalah dengan membangun kebiasaan atau rutinitas sebelum tidur. Pastikan rutinitas ini dapat membuat ‘si Kecil’ merasa nyaman dan rileks agar ia dapat tertidur dengan lebih mudah. Beberapa contoh rutinitas yang dapat parents melakukan termasuk memandikan bayi dengan air hangat, membacakan buku padanya, menyanyikan lagu, dan lainnya. Dengan membangun suasana yang nyaman dan membangun rutinitas seperti tersebut, Moms & Dads dapat membantu tubuh anak mengerti seiring waktu kalau sudah waktunya untuk tidur.

Mengatasi Bayi Susah Tidur

Baca Juga: Bayi Siap MPASI? Ini Panduan Untuk MPASI Pertama Si Kecil!

Membedong Bayi

Moms & Dads juga dapat coba untuk bedong bayi agar ia merasa aman dan hangat, sehingga memudahkannya untuk tertidur. Cukup membalut tubuh bayi dengan selimut tipis atau kain bedong, lalu dekap anak dekat dada orangtua agar ia merasa lebih tenang. Namun, ingat untuk tidak membedong ‘si Kecil’ terlalu kencang ya, parents! Pastikan anak masih mempunyai ruang untuk menggerakan tubuhnya secara nyaman.

Jangan Mengajak Si Kecil Bermain Ketika Terbangun

Jika bayi terbangun di tengah malam hari, hindari mengajaknya bermain atau berinteraksi secara terlalu aktif. Ini malah dapat membuat anak susah untuk kembali tidur. Kami sarankan Moms & Dads untuk menenangkan bayi secara lembut, seperti mengelus punggungnya, atau memberi bayi pijatan ringan, agar anak mengerti bahwa malam hari bukan saatnya untuk bermain.

Itulah 5 tips cara mengatasi bayi susah tidur! Jika ‘si Kecil’ masih mengalami kesulitan untuk tidur, sehingga memiliki dampak negatif terhadap kesehatannya, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ya.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri