• May 28, 2024

5 Tips Cara Menyapih Anak Agar Berhenti Menyusu!

 5 Tips Cara Menyapih Anak Agar Berhenti Menyusu!

5 Tips Cara Menyapih Anak Agar Berhenti Menyusu!

Ketika anak menginjak usia 2 tahun, Moms & Dads disarankan oleh para ahli untuk mulai menyapih anak agar ia berhenti menyusu. Namun tentunya, proses menyapih anak merupakan hal yang sulit dan memerlukan banyak kesabaran. Tidak jarang untuk parents merasa kesal dan frustrasi ketika ‘si Kecil’ mengalami kesulitan untuk berhenti menyusu.

Namun, tidak perlu khawatir! Berikut ini adalah 5 tips cara menyapih anak agar berhenti menyusu yang perlu diketahui Moms & Dads!

Kapan Waktu Tepat Untuk Menyapih Anak

Meskipun tidak ada batasan usia yang pasti untuk kapan anak perlu mulai disapih, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan parents untuk mulai menyapih anak sekitar usia 2 tahun. Moms & Dads juga disarankan untuk perhatikan tanda-tanda bahwa anak sudah siap untuk berhenti menyusu, termasuk:

  • Mulai tidak tertarik dan rewel saat menyusu
  • Waktu menyusu semakin singkat
  • Anak mudah terdistraksi ketika menyusu
  • Bermain dengan payudara ketika menyusu, seperti menarik atau menggigit puting ibu

Tips Cara Menyapih Anak

Lakukan Secara Bertahap

Cara menyapih anak yang pertama adalah secara bertahap. Hindari langsung melarang anak menyusu sama sekali karena ini dapat membuatnya merasa stres dan kesal. Lebih baik untuk coba mengurangi frekuensi dan durasi anak menyusui secara bertahap. Contohnya, jika ‘si Kecil’ biasanya menyusu sebanyak 4 kali sehari, coba kuranginya menjadi 4 kali sehari. Lalu kurangi lagi setiap minggu hingga ia berhenti menyusu. 

Biasakan Anak Minum Dari Botol Atau Gelas

Moms & Dads juga dapat mengenalkan anak cara minum dengan gelas atau botol. Ini bisa dimulai sejak usia 6 bulan. Mengenalkan anak pada cara minum dengan gelas atau botol akan membuatnya lebih mudah untuk anak transisi dari menyusu dari payudara ibu ke minum susu dengan gelas. 

Cara Menyapih Anak

Baca Juga: 6 Tips Mendidik Anak Balita Agar Tidak Manja!

Tunda Waktu Anak Menyusu

Cara menyapih anak selanjutnya adalah dengan menunda jadwal anak menyusu. Jika anak ingin menyusu, coba alihkan perhatiannya atau mintanya untuk tunggu beberapa menit. Dengan sering melakukan ini, Moms dapat membantu anak merasa terbiasa dengan tidak menyusu sesuai jadwal biasanya. Ini akan menurunkan rutinitas menyusu dan secara perlahan membantu mengurangi ketergantungan anak pada menyusu.

Hindari Rutinitas Menyusu

Jika anak mempunyai rutinitas atau jadwal menyusu, kami sarankan parents untuk berhenti mengikutkan jadwal tersebut secara perlahan. Coba untuk gantilah rutinitas tersebut dengan kegiatan lain yang dapat membantu anak merasa nyaman dan terhibur seperti bermain bersama atau membacakan buku padanya. 

Itulah tips cara menyapih anak agar tidak menyusu. Ingat bahwa proses menyapih anak membutuhkan banyak waktu dan kesabaran, jadi jangan terlalu khawatir jika anak tidak langsung berhenti menyusu.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri