• May 28, 2024

4 Ciri-Ciri Alergi Pada Bayi Yang Perlu Diketahui!

 4 Ciri-Ciri Alergi Pada Bayi Yang Perlu Diketahui!

4 Ciri-Ciri Alergi Pada Bayi Yang Perlu Diketahui!

Moms & Dads tahu tidak, kalau sekitar 30-40% populasi dunia mengalami alergi? Dan banyak dari mereka termasuk bayi. Karena sistem imun bayi masih lemah, bayi menjadi jauh lebih rentan terkena alergi. Karena itu, sangat penting untuk kenali ciri-ciri alergi pada bayi supaya Mom & Dad dapat mengambil langkah penanganan yang tepat.

Yuk, parents! Simak info seputar ciri-ciri alergi pada bayi di artikel ini!

Ciri-Ciri Alergi Pada Bayi:

Kolik

Pertama, bayi yang memiliki alergi tentu tidak dapat menyampaikannya pada orang tua secara verbal. Karena itu, mereka akan sering menangis terus-menerus untuk menyampaikan rasa ketidaknyamanannya. Gejala ini akan terlihat seperti kondisi kolik, dimana bayi menangis selama beberapa jam tanpa dapat ditenangkan. Selama anak menangis, wajah ia juga akan memerah dan punggungnya akan sering melengkung. 

Eksim / Kulit Merah Dan Gatal

Bayi yang mengalami alergi juga akan sering merasa gatal-gatal pada kulitnya. Beberapa bayi bahkan dapat mengalami eksim dimana ruam bersisik muncul di kulit dan terasa gatal, serta bertekstur kasar. Pastikan Mom & Dad cek di semua area tubuh badan bayi untuk ruam atau bercak merah di kulitnya, termasuk di area lipatan lutut dan siku.

Pembengkakan Wajah, Bibir, Dan Mata

Mom & Dad juga butuh perhatikan wajah, bibir, dan mata bayi. Jika bayi mengalami reaksi alergi, wajah, bibir, dan matanya dapat membengkak hingga menjadi jauh lebih merah daripada biasanya. Selain itu, mata bayi juga mungkin mulai berkaca-kaca akibat iritasi dari alerginya.

Ciri-Ciri Alergi Pada Bayi

Baca Juga: Inilah 4 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi!

Gangguan Pencernaan

Terakhir, bagi bayi yang mengalami alergi terhadap makanan atau ASI, mereka akan sering mengalami gangguan pencernaan setelah mengonsumsinya. Bagi beberapa bayi, ini dapat hanya mengakibatkan rasa kembung dan sakit perut. Namun bagi beberapa bayi lain, mereka dapat mengalami diare hingga muntah-muntah.

Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Untuk dapat mengatasi alergi pada bayi, Mom & Dad perlu tahu anak mengalami alergi terhadap apa terlebih dahulu. Apakah makanan? Atau debu? Kami sarankan parents untuk konsultasi dengan dokter untuk mencari tahu anak mengalami alergi terhadap apa sebelum dapat mengambil langkah penanganan yang tepat.

Demikian, itulah ciri-ciri alergi pada bayi! Semoga informasi tersebut membantu!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri