• May 28, 2024

6 Gaya Bayi Merangkak Yang Perlu Parents Ketahui!

 6 Gaya Bayi Merangkak Yang Perlu Parents Ketahui!

6 Gaya Bayi Merangkak Yang Perlu Parents Ketahui!

Merangkak merupakan salah satu fase perkembangan bayi yang sangat penting. Ini merupakan cara pertama ‘si Kecil’ belajar untuk bergerak dan mengeksplorasi lingkungan secara sendiri. Karena itu, beberapa Moms & Dads mungkin merasa khawatir jika melihat bayi belajar merangkak dengan gaya yang aneh atau berbeda dari normal.

Namun, tidak perlu khawatir, parents! Setiap bayi memiliki gaya merangkak yang berbeda. Berikut ini adalah 6 gaya bayi merangkak yang masih tergolong normal menurut para ahli!

Gaya Klasik atau Cross Crawl

Gaya merangkak klasik atau cross crawl merupakan gaya bayi merangkak yang paling sering ditemui. Bayi dengan gaya merangkak ini akan belajar untuk bergerak dengan bertumpu pada dua telapak tangan dan lututnya, lalu mengkoordinasikan gerakannya supaya saat lengan kanan maju, kaki kiri akan ikut maju. Pada awal belajar gaya merangkak ini, banyak bayi akan mengalami kesulitan untuk bergerak dengan stabil. Namun dengan seiring waktu, mereka akan belajar untuk melatih koordinasi motoriknya supaya dapat merangkak dengan lincah.

Gaya Merangkak Perut atau Commando Crawl

Gaya Bayi Merangkak

Gaya bayi merangkak ini mirip dengan gaya klasik, namun perut bayi masih menempel di lantai. Dengan gaya merangkak commando, bayi butuh menopang diri dan mendorong tubuhnya dengan kedua lengannya sementara lututnya meluncurkan badan.

Gaya Beruang

Gaya Bayi Merangkak

Gaya merangkak ini dinamakan gaya bear crawl, atau gaya beruang. Bayi yang melakukan gaya merangkak ini menggunakan kedua telapak dangan dan kedua telapak kaki mereka untuk bertumpu lantai, lalu membentangkan kedua kakinya lurus dan maju dengan kaki diangkat seperti beruang. Walaupun gaya ini terlihat sangat berbeda dari gaya merangkak klasik, para ahli menyatakan bahwa gaya merangkak ini masih termasuk normal untuk banyak bayi!

Baca Juga: Inilah Manfaat Tummy Time Untuk Bayi Yang Belajar Merangkak!

Bottom Scooter

Berbeda dari gaya merangkak lainnya, gaya bottom scooter atau bum shuffle merupakan gaya merangkak dimana bayi menggunakan bokonya untuk bergerak dan bergeser. Pada umumnya, bayi dengan gaya merangkak ini akan duduk dan menggunakan kedua tangannya untuk mendorong tubuhnya ke depan atau samping.

Gaya Merangkak ala Kepiting

Jika parents melihat ‘si Kecil’ merangkak dan bergerak hanya menyamping atau hanya mundur, maka ini merupakan gaya merangkak yang disebut sebagai crab crawl. Dengan gaya merangkak ini, bayi akan melemparkan diri dengan kedua tangan menahan tubuhnya kepada samping untuk bergerak.

Gaya Berguling

Gaya bayi merangkak terakhir adalah gaya berguling atau rolling crawl. Ini merupakan gaya merangkak dimana bayi berguling agar dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Meskipun terlihat sedikit aneh atau berbeda dari gaya merangkak umumnya, gaya merangkak berguling bukanlah kelainan dan merupakan cara normal untuk banyak bayi bergerak.

Itulah 6 gaya bayi merangkak yang perlu parents ketahui! Ingat bahwa setiap anak memiliki cara mereka sendiri untuk bergerak dan merangkak, jadi jangan terlalu khawatir jika ‘si Kecil’ memiliki gaya merangkak yang berbeda dari yang lain!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri