• May 28, 2024

8 Bahasa Isyarat Bayi yang Perlu Orangtua Ketahui

 8 Bahasa Isyarat Bayi yang Perlu Orangtua Ketahui

8 Bahasa Isyarat Bayi yang Perlu Orangtua Ketahui

Banyak parents tentunya merasa cemas dan frustrasi ketika tidak dapat mengerti alasan bayi rewel atau menangis. Pada umumnya, banyak bayi belum dapat bicara dan menyampaikan keinginannya secara verbal sampai ia berusia sekitar 13 hingga 18 bulan. Karena itu, parents dapat coba menggunakan bahasa isyarat sebagai bentuk komunikasi pertama bayi dan orang tua.

Yuk, parents! Pelajari 8 kata dalam bahasa isyarat bayi yang dapat parents pelajari dan ajar pada ‘si Kecil’!

Makanatau “Lapar”

Agar menghindari bayi rewel akibat merasa lapar, Moms & Dads dapat mengajarnya untuk menggunakan bahasa isyarat “makan”. Caranya, parents pertemukan jari-jari di tangan, kemudian arahkan ke mulut Moms seperti sedang menyuap makanan. 

Minum

Selain makan, parents juga dapat ajarkan ‘si Kecil’ untuk mengkomunikasikan keinginan mereka untuk minum air putih. Caranya, membentuk huruf C dengan tangan dan arahkan pada mulut seperti sedang minum dari gelas.

Tidur

Moms & Dads dapat mengajarkan bayi untuk mulai menggunakan bahasa isyarat untuk tidur ketika ia mulai merasa ngantuk. Untuk melakukan ini, Moms butuh mempertemukan kedua telapak tangan dan meletakkannya di dekat pipi. 

“Tambah Lagi”

Ketika bayi sudah makan tapi masih merasa lapar, ia dapat belajar untuk menggunakan bahasa isyarat “tambah lagi”. Ini dapat dilakukan dengan mempertemukan jari seperti sedang melakukan bahasa isyarat “makan”, namun lakukan dengan kedua tangan, kemudian temukan kedua tangan di tengah-tengah.

Bahasa Isyarat Bayi

Baca Juga: Manfaat Dan Bahaya Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

“Selesai

Ketika bayi sudah kenyang dan selesai makan, ajarkannya untuk menggunakan bahasa isyarat “selesai”. Ini dapat dilakukan dengan membuka kedua telapak tangan di depan dada seperti sedang berdoa. Mulai dengan telapak tangan menghadap ke arah parents, lalu putar hingga telapak tangan menghadap ke luar.

“Susu”

Jika bayi ingin minum susu atau menyusu, ia dapat menyampaikannya kepada Moms dengan menggunakan bahasa isyarat untuk kata “susu”. Caranya, buka telapak dan jari-jari tangan, lalu lakukan gerakan menggenggam seperti sedang memerah susu sapi.

“Mama”

Parents dapat mengajar ‘si Kecil’ untuk menggunakan bahasa isyarat untuk kata ‘Mama’ ketika ingin perhatian atau bantuan Moms. Ini dapat dilakukan dengan membuka telapak tangan ke arah atas dan biarkan ibu jari menyentuh dagu.

“Papa”

Cara untuk melakukan bahasa isyarat untuk kata “Ayah” hampir sama dengan kata Mama, namun bedanya adalah ibu jari menyentuh dahi daripada dagu.

Demikian, itulah 8 bahasa isyarat bayi yang perlu parents ketahui! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri