• May 28, 2024

Alasan Bayi Sering Gumoh Dan Tips Mengatasinya!

 Alasan Bayi Sering Gumoh Dan Tips Mengatasinya!

Alasan Bayi Sering Gumoh Dan Tips Mengatasinya!

Parents mungkin merasa cemas dan khawatir jika anak sering gumoh setelah menyusu. Namun pada umumnya, gumoh merupakan hal normal yang sering dialami banyak bayi dalam 3 bulan usia pertamanya. Jika tidak diikuti oleh gejala lain seperti sesak nafas dan demam, parents tidak perlu khawatirkan anak yang sering gumoh. 

Mom & Dad hanya butuh kenali alasan ‘si Kecil’ sering gumoh dan cara mengatasinya agar tidak terjadi lagi setiap kali anak selesai menyusu. Yuk! Simak di artikel ini!

Alasan Bayi Sering Gumoh

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bayi gumoh, di antaranya:

Kekenyangan

Salah satu alasan bayi sering gumoh bisa jadi karena ia sebetulnya kekenyangan setelah menyusu. Bayi memiliki kapasitas lambung yang sangat kecil – hanya sekitar 1 ons per kg berat tubuhnya. Karena itu, jika anak menyusu sehingga melebihi kapasitas, maka badan ia akan mengeluarkan susunya melalui gumoh.

Bayi Menelan Udara Saat Menyusu

Ketika menghisap ASI, beberapa bayi juga sering menelan udara bersamaan dengan ASI. Karena itu, gas yang masuk akan terperangkap di dalam lambung. Ketika bayi butuh mengeluarkan gas itu dengan sendawa, ASI yang mereka konsumsi akan terbawa naik hingga keluar mulut.

Otot Bayi Belum Sempurna

Ini merupakan alasan yang paling umum terjadi pada banyak bayi. Otot bagian kerongkongan dan lambung pada saluran pencernaan bayi masih lemah dan belum sempurna. Karena itu, ASI yang ditelan oleh bayi akan kembali naik ke kerongkongannya. 

Bayi Sering Gumoh

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Alergi Pada Bayi Yang Perlu Diketahui!

Cara Mengatasi Bayi Sering Gumoh!

Pada umumnya, gumoh pada bayi tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ada beberapa hal yang dapat Mom & Dad melakukan untuk mengatasi gumoh yang berlebihan pada bayi.

  • Menyusui Dengan Posisi Tepat: ketika menyusui anak, pastikan kepalanya berada di posisi yang lebih tinggi daripada badannya. Ini akan membantu anak supaya ia mengonsumsi ASI atau susu dengan benar dan tidak menelan banyak udara.
  • Menyusui Bayi Sedikit Demi Sedikit: daripada memberi ‘si Kecil’ banyak ASI secara langsung sehingga ia mudah kekenyangan, coba menyusui anak dengan jumlah susu sedikit demi sedikit. 
  • Perhatikan Ukuran Dot Yang Digunakan: penting juga untuk parents perhatikan ukuran dot yang digunakan ‘si Kecil.’ Jika lubang dot terlalu besar, ini dapat menyebabkan susu keluar terlalu banyak sehingga mudah membuat anak tersedak dan gumoh. 
  • Sendawakan Bayi Setelah Menyusu: pastikan untuk sendawakan bayi setelah menyusu. Agar lebih mudah bersendawa, pastikan tubuh ‘si Kecil’ tetap tegak dan hindari menidurkan anak sebelum ia bersendawa.

Demikian, itulah informasi seputar alasan bayi sering gumoh dan tips cara mengatasinya! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri