• May 29, 2024

Amankah Bayi Tidur Di Posisi Miring? Ini Faktanya!

 Amankah Bayi Tidur Di Posisi Miring? Ini Faktanya!

Amankah Bayi Tidur Di Posisi Miring? Ini Faktanya!

Tidur merupakan kebutuhan yang penting bagi bayi. Semua bayi butuh cukup tidur dan istirahat agar dapat tumbuh dan kembang secara optimal. Namun, tidak jarang untuk parents merasa khawatir dengan posisi tidur bayi mereka. Amankah bayi tidur di posisi miring atau tengkurap? Yuk, kenali informasi lengkapnya di artikel ini, Moms & Dads!

Amankah Bayi Tidur Di Posisi Miring?

Moms & Dads mungkin bertanya, amankah bayi tidur di posisi miring? Meskipun tidak masalah untuk orang dewasa tidur dalam posisi miring atau tengkurap, hal ini tidak disarankan untuk bayi. Ini karena posisi tidur miring atau tengkurap mengakibatkan bayi menjadi kesulitan bernapas dan kekurangan oksigen. Banyak penelitian juga menemukan bahwa tidur di posisi miring meningkatkan risiko bayi terkena sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Karena itu, banyak ahli termasuk the American Academy of Pediatrics (AAP) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) sangat menyarankan parents untuk hindari menidurkan atau membiarkan bayi tidur dalam posisi miring atau tengkurap.

Posisi Tidur Yang Benar Untuk Bayi

Banyak ahli menyarankan parents untuk selalu menidurkan bayi dalam posisi telentang. Posisi telentang ini merupakan posisi yang paling aman untuk bayi karena memastikan mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan seperti SIDS. Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa tidur dalam posisi telentang dapat menurunkan risiko SIDS hingga 50%. Para ahli ungkap bahwa lebih baik untuk bayi tidur dalam posisi telentang hingga mereka berusia setidaknya 1 tahun.

Amankah Bayi Tidur Di Posisi Miring

Baca Juga: Inilah Kapan Bayi Perlu Berhenti Dibedong!

Risiko Membiarkan Bayi Tidur Miring

Selain meningkatkan risiko kematian mendadak atau SIDS pada bayi, membiarkan anak tidur dalam posisi miring atau telentang juga meningkatkan risiko kesehatan lain, termasuk:

Kepala Datar (Plagiocephaly): Kepala datar terjadi ketika bayi tidur dalam posisi yang sama berulang kali seperti menyamping. Hal ini akan menyebabkan banyak tekanan pada satu sisi kepala bayi, sehingga menyebabkannya menjadi datar seiring waktu.

Tortikolis / Gangguan Otot Leher: Bayi yang sering tidur dalam posisi miring atau telentang juga berisiko mengalami tortikolis atau gangguan pada otot leher mereka. Hal ini tidak hanya menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan kesakitan, tapi juga dapat menyebabkan pertumbuhan tulang dan perkembangan otot yang tidak tepat.

Dalam kesimpulan, amankah bayi tidur di posisi miring? Jawabannya adalah tidak aman. Lebih baik untuk parents menidurkan bayi dalam posisi telentang agar tidak mengganggu jalur pernapasan bayi. Jika Moms & Dads masih merasa bingung atau khawatir seputar tidur bayi, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri