• May 27, 2024

Apa Itu Paced Bottle Feeding & Manfaatnya Untuk Bayi Menyusu!

 Apa Itu Paced Bottle Feeding & Manfaatnya Untuk Bayi Menyusu!

Apa Itu Paced Bottle Feeding & Manfaatnya Untuk Bayi Menyusu!

Tidak jarang untuk beberapa bayi sering gumoh, muntah, atau kembung setelah menyusu. Hal ini dapat menandakan bahwa Moms & Dads tidak menyusui ‘si Kecil’ dengan cara yang tepat, loh! Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan metode Paced Bottle Feeding untuk menyusui bayi.

Yuk, parents! Kenali apa itu Paced Bottle Feeding dan manfaatnya untuk bayi!

Apa Itu Paced Bottle Feeding?

Paced Bottle Feeding merupakan metode pemberian susu atau ASI pada bayi menggunakan botol. Pada umumnya, bayi biasanya harus berusaha keras untuk menghisap ASI dari payudara Moms, sementara dengan pemberian susu botol susu beralir dengan konstan dan cepat. Ini dapat mengakibatkan bayi mengalami bingung puting atau kesulitan dalam menerima susu dari botol. Karena ini, paced bottle feeding dirancang untuk meniru cara menyusu alami dari payudara dengan mengatur aliran susu yang ditelan dan dikonsumsi bayi.

Manfaat Paced Bottle Feeding

Metode paced bottle feeding memiliki beberapa manfaat bagi bayi, termasuk:

Mengurangi Risiko Overfeeding: Paced Bottle Feeding  membantu menghindari risiko memberi bayi terlalu banyak susu dalam satu sesi menyusu. Ini penting karena bayi yang minum terlalu banyak berisiko kembung, muntah, rewel, dan merasa ketidaknyamanan serta kolik.

Mencegah Bingung Puting: Dengan metode Paced Bottle Feeding, bayi tetap harus menghisap dot dengan baik, sehingga menjaga keterampilan menyusu alaminya. Ini dapat mencegah terjadinya bingung puting pada bayi.

Memperkuat Bonding Bayi & Ibu: Metode Paced Bottle Feeding membolehkan Moms dan bayi untuk mengalami pengalaman menyusu yang lebih mirip dengan menyusui alami, sehingga ikatan emosional antara ibu dan bayi dapat terbentuk secara lebih kuat.

Apa Itu Paced Bottle Feeding

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Baby Led Weaning!

Cara Melakukan Paced Bottle Feeding

  1. Posisikan bayi dengan baik agar ia duduk
  2. Pegang botol secara mendatar dan pastikan susu tidak mengalir terlalu cepat
  3. Letakkan ujung puting botol pada bibir bayi dan biarkan bayi menghisap sendiri
  4. Jangan memaksakan aliran susu dengan memiringkan botol
  5. Biarkan bayi memimpin kapan mereka ingin minum dan berhenti, hindari memaksa bayi untuk menghabiskan seluruh botol susu

Demikian, itulah informasi lengkap seputar apa itu paced bottle feeding, manfaatnya, serta tips cara melakukannya! Semoga bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri