• May 28, 2024

Apakah Bayi Siap Diberi MPASI Di Bawah Usia 6 Bulan?

 Apakah Bayi Siap Diberi MPASI Di Bawah Usia 6 Bulan?

Apakah Bayi Siap Diberi MPASI Di Bawah Usia 6 Bulan?

Parents mungkin sudah tahu bahwa pada usia 6 bulan, banyak bayi sudah dapat mulai diberikan makanan pendamping ASI untuk pertama kali. 6 bulan merupakan usia ideal untuk mulai memperkenalkan anak pada makanan padat. Namun, apakah bayi siap diberikan MPASI sebelum berusia 6 bulan? Yuk, Simak jawabannya di artikel ini!

Usia Berapa Bayi Siap MPASI

Menurut banyak ahli anak dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sistem pencernaan bayi baru mulai matang dan siap saat bayi juga berusia antara 4 – 6 bulan. Karena alasan ini, banyak ahli akan sarankan parents untuk hanya mulai memberi anak MPASI ketika ia menginjak usia 6 bulan. Namun, tidak hanya usia yang perlu diperhatikan parents untuk pastikan bahwa anak siap MPASI. Ada beberapa tanda-tanda fisik lain bahwa ‘si Kecil’ mungkin sudah siap untuk diberi MPASI, terlepas usianya.

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Mulai MPASI Sebelum 6 Bulan

Jika parents ingin mulai memberi anak makanan padat di bawah usia 6 bulan, pastikan ia sudah siap dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

  • Kontrol Kepala Yang Baik: Pastikan anak sudah dapat duduk dan mengontrol kepala dan leher mereka secara stabil tanpa bantuan atau dukungan. 
  • Bayi Di Atas Usia 4 Bulan: Sebelum usia 4 bulan, sistem pencernaan bayi masih belum matang. Memberi anak makanan padat sebelum usia 4 bulan dapat menimbulkan beberapa masalah medis.
  • Minat Pada Makanan: Bayi yang sudah siap MPASI akan menunjukkan ketertarikan dan minat pada makanan ketika disodori.
  • Berat Badan Bayi: Pastikan berat badan bayi setidaknya dua kali lebih berat dibandingkan berat badannya saat lahir.

Bayi Siap MPASI 6 Bulan

Baca Juga: Parents, Hindari Baby Walker Sebagai Alat Bantu Jalan Bayi! Ini Kenapa!

Bahayanya Memberi Bayi MPASI Sebelum Siap

Memberikan bayi MPASI sebelum mereka siap dapat menimbulkan beberapa masalah dan komplikasi pada tubuh bayi, termasuk:

  • Risiko Tersedak: Bayi yang belum siap diberi MPASI belum dapat mengunyah atau menelan dengan baik. Ini meningkatkan risiko mereka tersedak.
  • Memicu Anemia: Memberikan bayi MPASI terlalu dini dapat berisiko tubuh bayi mengalami kesulitan untuk menyerap zat besi dari ASI, sehingga menyebabkan bayi mengalami anemia.
  • Gangguan Pencernaan: Jika sistem pencernaan bayi belum matang, memberinya makanan padat dapat mengakibatkan bayi mengalami berbagai gangguan pencernaan, termasuk diare dan sakit perut.

Demikian, itulah informasi seputar kapan bayi siap menerima MPASI dan jika aman untuk memperkenalkannya pada MPASI di bawah 6 bulan. Semoga membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri