• May 27, 2024

Apakah Normal Untuk Berat Badan Bayi Baru Lahir Turun?

 Apakah Normal Untuk Berat Badan Bayi Baru Lahir Turun?

Apakah Normal Untuk Berat Badan Bayi Baru Lahir Turun?

Orang tua tentu ingin anak mereka bertumbuh dan berkembang secara optimal. Karena itu, parents mungkin merasa cemas dan khawatir jika melihat berat badan bayi baru lahir menurun beberapa hari setelah persalinan. Namun, tidak perlu panik! Ini merupakan kondisi yang normal dan terjadi pada semua bayi baru lahir.

Yuk, parents! Simak informasi seputar penurunan berat badan bayi baru lahir di artikel ini!

Berat Badan Bayi Turun Setelah Lahir

Beberapa hari setelah persalinan, wajar untuk berat badan bayi baru lahir turun sekitar 7% hingga 10%. Hal ini terjadi karena tubuh bayi mengandung banyak air yang ia bawa dari dalam rahim. Cairan ini akan sedikit demi sedikit keluar melalui urine, sehingga berat badan ‘si Kecil’ menurun pada minggu pertama. Penurunan berat badan ini biasanya akan berhenti setelah beberapa hari. Namun setelah minggu pertama, berat badan bayi akan biasanya mulai kembali naik. 

Bayi Kembali Naik Berat Badan

Menurut para ahli, pada umumnya berat badan bayi baru lahir akan kembali naik paling lama pada usia 14 hari. Namun, beberapa orang tua mungkin akan mengalami masalah dimana anak susah naik berat badan atau kenaikan berat badannya jauh lebih lambat daripada normal. Ini dapat menjadi tanda bahwa bayi mengalami kesulitan menyusu, sehingga tidak dapat mengonsumsi cukup ASI dan nutrisi untuk naik berat badan. Karena itu, penting sekali untuk Mom & Dad perhatikan tidak hanya berat badannya, tapi juga popok ‘si Kecil.’ Bayi baru lahir harus memiliki setidaknya 5 hingga 7 popok basah dalam sehari.

Berat Badan Bayi Baru Lahir

Baca Juga: Ini 5 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Bayi Baru Lahir

Penurunan Berat Badan Drastis

Meskipun penurunan berat badan pada bayi baru lahir adalah hal yang umum, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai sebagai tanda-tanda bahaya. Salah satunya adalah jika berat badan bayi baru lahir turun secara drastis. Penurunan berat badan drastis dapat menjadi sebuah tanda bahwa bayi mengalami semacam penyakit atau masalah lainnya. Pastikan Mom & Dad cek jika bayi mengalami gejala-gejala lain seperti dehidrasi, kelemahan atau kelemasan, dan diare atau muntah-muntah.

Demikian, itulah informasi seputar berat badan bayi baru lahir. Jika Mom & Dad merasa khawatir dengan penurunan berat badan bayi, atau bayi tidak naik berat badan sesuai usianya, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri