• May 28, 2024

Apakah Si Kecil Sebenarnya Perlu Menggunakan Alat Bantu Jalan Bayi?

 Apakah Si Kecil Sebenarnya Perlu Menggunakan Alat Bantu Jalan Bayi?

Apakah Si Kecil Sebenarnya Perlu Menggunakan Alat Bantu Jalan Bayi?

Semua parents tentunya sangat menanti momen ketika ‘si Kecil’ mengambil langkah pertamanya, serta belajar untuk berjalan secara sendiri. Karena itu, beberapa orangtua mungkin merasa tidak sabar, sehingga memberikan anak alat bantu jalan untuk mendorongnya dapat berjalan dengan lebih cepat.

Namun sebenarnya, perlukah anak menggunakan alat bantu jalan bayi untuk melatih berjalan? Yuk! Simak informasi lengkap seputar topik ini di artikel ini!

Manfaat Menggunakan Alat Bantu Jalan Bayi

Menurut para dokter dan ahli, menggunakan alat bantu jalan yang tepat dapat memiliki beberapa manfaat dalam membantu bayi belajar berjalan. Beberapa alat bantu jalan dapat membantu membiasakan anak dengan sensasi berdiri dan menjejak kakinya pada lantai. Selain itu, alat bantu jalan yang tepat akan dapat membantu anak menemukan keseimbangan tubuhnya. Namun, penting untuk diingat bahwa ketika membeli alat bantu jalan bayi, parents butuh sesuaikan pilihan alat sesuai dengan usia dan berat ‘si Kecil.’

Alat Bantu Jalan Yang Perlu Dihindari

Meskipun populer dan sering dipakai oleh banyak orangtua lain, baby walker tidak disarankan oleh banyak ahli kesehatan anak. Ini karena Baby Walker sangat berisiko kecelakaan, serta cedera kepala hingga otak. Selain itu, penggunaan baby walker justru dinyatakan dapat menghambat perkembangan motorik bayi, membuatnya lebih lambat untuk belajar berjalan dengan tepat. 

Alat Bantu Jalan Bayi

Baca Juga: Inilah 5 Tips Cara Melatih Bayi Berjalan!

Alat Bantu Jalan Yang Aman Untuk Bayi

Ada beberapa alat bantu jalan bayi yang aman dan disarankan para ahli, termasuk:

Baby Push Walker

Alat bantu jalan bayi ini merupakan salah satu alat bantu yang membantu si Kecil untuk berdiri secara seimbang dan membuat bayi ingin mendorong mainan tersebut. Push Walker biasanya tidak hanya dibuat sebagai alat bantu jalan, namun seringkali juga memiliki fungsi mainan yang dapat melatih motorik ‘si Kecil.’

Alat Bantu Jalan Bayi

Moon Walker

Moon Walker merupakan alat bantu jalan bayi yang berbeda dengan Baby Push Walker. Ini karena alat ini berfungsi lebih sebagai alat tita untuk bayi. Alat bantu jalan ini membantu menitah anak dengan cara yang aman dan menjaga punggung ‘si Kecil’ agar tidak sakit. Namun, penting untuk diketahui bahwa alat bantu jalan ini tidak direkomendasikan untuk bayi yang belum bisa melangkah atau berdiri secara sendiri.

Mainan Troli Belanja

Jika tidak memiliki push walker atau moon walker, mainan troli belanja juga dapat menjadi alat bantu jalan yang efektif untuk bayi. Pada umumnya, mainan ini biasanya memiliki warna yang cerah dan menarik, sehingga memicu ketertarikan anak untuk memegang dan mendorongnya. Namun, pastikan saja untuk selalu awasi anak ketika ia menggunakan mainan ini ya, parents.

Apakah Bayi Butuh Menggunakan Alat Bantu Jalan?

Pada umumnya, bayi tidak begitu perlu menggunakan alat bantu jalan untuk belajar berjalan. Moms & Dads dapat melatih ‘si Kecil’ untuk berjalan hanya dengan membiarkannya bersandar pada benda besar dan berat disekitarnya seperti sofa sambil ia melatih menjejak kakinya. Namun, alat bantu jalan dapat menjadi salah satu cara untuk membantu melatih anak menjejak kakinya agar ia dapat berjalan secara sendiri dengan lebih cepat.

Demikian, itulah informasi seputar alat bantu jalan bayi. Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri