• May 29, 2024

Bayi Menolak Minum Susu Pakai Dot? Ini Cara Mengatasinya!

 Bayi Menolak Minum Susu Pakai Dot? Ini Cara Mengatasinya!

Bayi Menolak Minum Susu Pakai Dot? Ini Cara Mengatasinya!

Sebagai orangtua, penting untuk Moms & Dads selalu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Karena itu, bayi yang menolak minum susu dari dot atau botol seringkali dapat memicu frustrasi dan rasa khawatir bagi banyak parents. 

Namun, jangan khawatir! Berikut ini adalah beberapa tips cara efektif mengatasi bayi menolak minum susu pakai dot atau botol!

Mengenali Masalah

Langkah pertama dalam mengatasi bayi yang menolak minum susu pakai dot adalah mengenali alasan kenapa bayi mungkin menolak dot atau botol. Apakah mereka tidak nyaman dengan perubahan dari payudara ke penggunaan dot? Apakah mereka mengalami kesulitan menghisap dot? Apakah mereka merasa sakit atau tidak lapar? Atau Apakah mereka merasa nyeri atau sakit saat menghisap dot? Penting untuk parents perhatikan dan memahami masalah yang dihadapi bayi supaya dapat mencari solusi yang paling tepat.

Memilih Dot Atau Botol Yang Tepat

Sama seperti dewasa, bayi memiliki preferensi mereka masing-masing. Karena ini, penting untuk parents pilih dot atau botol yang tepat untuk ‘si Kecil’. Dot yang baik harus memiliki ukuran dot yang sesuai dengan mulut bayi, terbuat dari bahan yang nyaman, dan memiliki lubang yang sesuai untuk kelancaran aliran susu. Selain itu, botolnya sendiri perlu nyaman untuk dapat dipegang oleh bayi secara sendiri jika mereka sudah cukup tua. Cobalah beberapa jenis dot dan lihat mana yang paling disukai dan tepat untuk bayi Moms & Dads. 

Bayi Menolak Minum Susu Pakai Dot

Baca Juga: 3 Teknik Pijat Bayi Untuk Mengatasi Perut Kembung Si Kecil!

Teknik Menyusu Yang Tepat

Cara berikut untuk mengatasi bayi menolak minum susu pakai dot atau botol adalah dengan menggunakan teknik menyusu yang tepat. Banyak parents seringkali memaksa anak untuk minum dari dot tanpa menyadarinya. Cobalah untuk oleskan sedikit susu di bibir bayi terlebih dahulu, sebelum memberi bayi dot pada mulutnya secara perlahan. Dengan melakukan cara ini, Moms & Dads mendorong ‘si Kecil’ untuk melekat pada dot dengan cara yang sama seperti ketika ia menyusu dari payudara langsung.

Tetap Konsisten

Terakhir, penting sekali untuk parents tetap konsisten. Banyak bayi perlu waktu untuk beradaptasi dengan menggunakan dot. Karena itu, jangan menyerah jika bayi menolak untuk menggunakannya. Coba untuk beri bayi dot lagi secara rutin.

Demikian, itulah tips cara mengatasi bayi menolak minum susu pakai dot atau botol! Semoga bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri