• May 28, 2024

Bayi Menolak MPASI? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!

 Bayi Menolak MPASI? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!

Bayi Menolak MPASI? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!

Mulai usia 6 bulan, bayi tidak bisa hanya konsumsi ASI eksklusif karena itu sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi bayi lagi. Karena itu, penting sekali untuk anak berusia 6 bulan mulai makan makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, bagaimana jika anak menolak makanan hingga menjadi rewel ketika diberi MPASI?

Jangan khawatir, parents. Hal ini sangat normal bagi banyak bayi. Untuk membantu Mama dan Papa, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi bayi menolak MPASI!

Berikan Variasi Makanan

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi bayi menolak MPASI adalah dengan mengkreasikan makanan sehingga anak tidak merasa bosan. Jika diberi makanan yang sama terus-menerus, anak akan merasa cepat bosan sehingga jadi malas makan. Karena itu, penting sekali untuk berikan bayi makanan bervariasi dari yang rasa manis hingga gurih. Penting juga untuk berikan variasi tekstur, jangan hanya berikan bayi puree terus ya, parents!

Ciptakan Suasana Yang Menyenangkan

Penting sekali untuk Mama dan Papa menciptakan suasana yang menyenangkan saat jam makan. Ini bisa dilakukan dengan memainkan sendok seperti pesawat terbang hingga membiarkan anak memegang dan mengeksplorasi makanannya secara sendiri. Namun, kami sarankan untuk tidak membolehkan anak main gadget atau menonton TV sambil makan ya, parents! Ini karena menonton atau memainkan gadget selama waktu makan malah dapat menyebabkan bayi kehilangan minat untuk makan.

Bayi Menolak MPASI

Baca Juga: Pusing Mengatasi Anak Susah Makan? Ini 5 hal yang harus dilakukan!

Jangan Memaksa

Hindari memaksa, menekan, atau meneriaki anak untuk makan jika dia menolak MPASI. Memaksa ‘si Kecil’ untuk makan justru dapat membuatnya merasa stres dan trauma sehingga membuatnya membeci waktu makan. Selain itu, memaksa anak untuk makan ketika dia sudah menolak juga dapat mengganggu kemampuan alaminya, untuk mengetahui tanda-tanda lapar dan kenyang.

Jika anak menolak makan MPASI, kami sarankan Mama dan Papa untuk coba menawarkannya beberapa kali lagi secara lembut.

Batasi Pemberian Jus / Minuman Lain

Cara terakhir untuk menangani bayi menolak MPASI adalah dengan membatasi pemberian minum seperti jus ataupun susu. Ini karena minuman seperti susu dan jus dapat membuat anak merasa kenyang dengan cepat hingga tidak mau makan. Kami sarankan Mama dan Papa untuk berikan jarak minimal 2-3 jam antara jam minum susu dan jam makan agar bayi tidak merasa kenyang ketika waktunya makan.

Itulah 4 cara mengatasi bayi menolak MPASI! Semoga dapat membantu Mama dan Papa supaya anak bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya! Selamat Mencoba!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri