• May 28, 2024

Bayi Siap MPASI? Ini Panduan Untuk MPASI Pertama Si Kecil!

 Bayi Siap MPASI? Ini Panduan Untuk MPASI Pertama Si Kecil!

Bayi Siap MPASI? Ini Panduan Untuk MPASI Pertama Si Kecil!

Memberikan anak makanan pendamping ASI (MPASI) untuk pertama kali merupakan tonggak yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan ‘si Kecil’. Namun, tidak jarang untuk parents baru merasa bingung dengan makanan apa dan seberapa sering perlu memberi anak MPASI. 

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah panduan untuk MPASI pertama bayi yang sudah siap makan makanan padat!

Jenis Makanan Yang Dapat Diberikan:

Ketika bayi siap makan MPASI, penting sekali untuk Moms & Dads memperkenalkannya pada berbagai macam makanan lezat dan sehat. Makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin, seperti buah-buahan dan sayuran merupakan opsi yang terbaik untuk kesehatan ‘si Kecil’. Kami juga sarankan parents untuk beri anak beberapa makanan yang penuh dengan protein, zat besi, dan lemak sehat seperti daging sapi dan hati ayam. Hindari memberi anak makanan yang mengandung banyak pemanis buatan, lemak tinggi dan penyedap rasa tambahan.

Frekuensi Dan Jumlah MPASI Yang Bayi Perlu Makan:

Ketika baru mulai memberi anak makanan padat, cukup berikan MPASI 2 kali sehari. Pada awalnya, ingat bahwa anak masih belum terbiasa dengan makan makanan padat, karena itu mereka biasanya akan hanya makan beberapa sendok kecil. Namun, porsi ini dapat ditambah seiring waktu. Ketika bayi sudah berusia 8–9 bulan, parents disarankan oleh para ahli untuk mulai memberi anak MPASI sebanyak 3 kali sehari. Porsi MPASI yang butuh diberikan pada anak akan tergantung sesuai usia bayi.

Panduan Bayi Siap MPASI

Baca Juga: Apakah Bayi Siap Diberi MPASI Di Bawah Usia 6 Bulan?

Hindari Ini Saat Memberi Bayi MPASI Pertamanya:

Ketika siap memberi bayi MPASI untuk pertama kalinya, pastikan untuk hindari beberapa hal berikut:

  • Menambahkan Garam Atau Gula Ke Dalam MPASI: Bayi belum boleh makan garam pada usia 6 bulan karena dapat mengganggu fungsi ginjal. Gula juga dapat memicu kerusakan gigi pada anak.
  • Memberikan Makanan Yang Bertekstur Keras: Sistem pencernaan bayi masih sangat rentan pada usia ini. Karena itu, hindari memberinya makanan yang dapat menjadi sulit untuk dicerna oleh bayi.
  • Memaksa Anak Untuk Makan: Proses pengenalan MPASI untuk bayi memang tidak selalu mudah. Namun, hindari memaksa anak untuk makan karena ini dapat membuat ‘si Kecil’ merasa cemas, sehingga menimbulkan emosi negatif terhadap makanan.

Itulah panduan pemberian MPASI untuk bayi yang siap untuk makanan padat! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri