• May 27, 2024

Bayi Susah Tidur? Ini Tips Mengatur Pola Tidur Si Kecil!

 Bayi Susah Tidur? Ini Tips Mengatur Pola Tidur Si Kecil!

Bayi Susah Tidur? Ini Tips Mengatur Pola Tidur Si Kecil!

Penting sekali untuk bayi dapat cukup waktu tidur dan istirahat agar dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Namun sayangnya, tidak jarang untuk bayi mengalami kesulitan tidur saat malam hari. Hal ini merupakan tantangan yang besar bagi banyak orang tua. 

Tapi jangan terlalu khawatir, Moms & Dads! Berikut ini adalah beberapa tips mengatur pola tidur si kecil agar bayi tidak lagi susah tidur!

Pentingnya Menjaga Rutinitas

Pertama, salah satu cara paling efektif untuk mengatur pola tidur bayi yang susah tidur adalah dengan memastikan bahwa mereka memiliki jadwal dan rutinitas tidur yang konsisten. Kami sarankan parents untuk menjaga rutinitas supaya bayi dapat tidur pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu bayi merasa lelah pada waktu yang sama seiring waktu, sehingga mempermudahnya untuk tertidur. Para ahli menyatakan bahwa rutinitas dan jadwal tidur dapat dilakukan idealnya saat usia bayi sekitar 6 hingga 8 minggu.

Hindari Menyusui saat Jam Tidur Malam

Cara berikut untuk mengatur pola tidur bayi agar ia tidak susah tidur adalah dengan menghindari menyusui saat jam tidur malam. Kecuali bayi benar-benar lapar, menyusui bayi ketika waktunya untuk tidur atau ketika ia terbangun di tengah malam malah dapat membuatnya susah untuk kembali tertidur. Selain itu, kebiasaan ini juga malah dapat membuat bayi terbiasa dengan pola tersebut sehingga ia akan lebih sering terbangun dan minta menyusu di tengah malam.

Pola Tidur Bayi Susah Tidur

Baca Juga: Moms Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Belum Siap MPASI!

Perhatikan Waktu Tidur Siang

Berikut, penting sekali untuk pastikan bayi selalu dapat tidur siang. Hal ini karena tidur siang membantu memastikan bahwa anak tidak merasa terlalu lelah atau ‘overtired‘. Anak yang overtired malah sering menjadi rewel dan susah tertidur di malam hari. Karena itu, penting sekali untuk memastikan bahwa bayi selalu dapat tidur siang. Namun, penting juga untuk parents pastikan bahwa waktu tidur siang bayi tidak terlalu dekat dengan waktu tidur malam anak.

Apa Yang Perlu Dilakukan Kalau Bayi Terbangun

Tidak jarang untuk bayi yang susah tidur sering terbangun di tengah malam. Jika ini terjadi, Moms & Dads butuh hindari langsung bermain atau berbicara pada anak. Coba biarkan anak sendiri untuk beberapa menit dan biarkan anak coba tidur kembali tanpa bantuan. Merespon terlalu cepat pada bayi yang terbangun di tengah malam malah dapat membuat bayi susah untuk kembali tertidur, sehingga mengganggu pola tidurnya.

Demikian, itulah informasi seputar tips mengatur pola tidur si kecil agar bayi tidak lagi susah tidur! Jika anak Moms & Dads masih mengalami kesulitan untuk tidur sehingga memiliki dampak negatif terhadap kesehatannya, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri