• May 29, 2024

Bayi Susah Tidur Siang? Ini 4 Alasan Kenapa!

 Bayi Susah Tidur Siang? Ini 4 Alasan Kenapa!

Bayi Susah Tidur Siang? Ini 4 Alasan Kenapa!

Tidur merupakan hal yang sangat penting untuk tumbuh kembang bayi. Karena itu, parents butuh pastikan bahwa ‘si Kecil’ mencukupi kebutuhan istirahatnya tidak hanya di malam hari, tapi juga di siang hari. Meskipun begitu, tidak jarang untuk beberapa bayi mengalami kesulitan untuk tidur siang, dan hal ini dapat memicu kekhawatiran bagi orang tua. 

Namun, jangan khawatir parents! Berikut ini adalah 4 alasan mengapa bayi susah tidur siang dan tips mengatasinya!

Jadwal Tidur Yang Tidak Konsisten

Salah satu penyebab bayi susah tidur siang adalah karena mereka tidak mengikuti jadwal tidur yang konsisten. Hal ini dapat menyebabkan bayi merasa tidak lelah atau mengantuk di siang hari, sehingga menjadi susah untuk mereka tertidur. Untuk mengatasi ini, kami sarankan parents untuk membuat jadwal atau rutinitas yang konsisten dan teratur untuk waktu makan, mandi, bermain, hingga tidur siang dan tidur malam. Dengan mengikuti jadwal yang konsisten, tubuh bayi akan merasa terbiasa dengan rutinitas, sehingga akan membuatnya lebih mudah tertidur saat waktunya tidur siang.

Bayi Terlalu Lelah (Overtired)

Jika bayi merasa terlalu lelah atau overtired, maka ini dapat menyebabkannya tubuh mereka untuk memproduksi hormon stres yang membuatnya susah untuk tertidur. Bayi yang merasa terlalu lelah justru akan rewel, menangis kencang, dan susah tenang atau tidur. Untuk mengatasi ini, pastikan parents selalu menidurkan bayi sesuai jadwal tidurnya.

Bayi Susah Tidur Siang

Baca Juga: Mengenal White Noise dan Manfaatnya untuk Bayi

Bayi Merasa Tidak Nyaman

Alasan berikut kenapa banyak bayi susah tidur siang adalah karena mereka merasa tidak nyaman. Ini mungkin karena ia merasa lapar, kembung, merasa terlalu dingin atau panas, ataupun karena popok basah atau kotor. Pastikan untuk memenuhi semua kebutuhan bayi sebelum waktunya tidur siang. Selain itu, beberapa alasan lain kenapa bayi mungkin merasa tidak nyaman saat tidur siang adalah karena lingkungan disekitarnya. Coba untuk membuat suasana kamar menjadi lebih gelap, dan menyalakan white noise. 

Bayi Mengalami Perubahan Kebiasaan Tidur

Dengan tambahnya usia anak, kebiasaan dan kebutuhan istirahatnya juga akan berubah. Banyak bayi akan mengalami perubahan dalam kebiasaan tidur pada usia 3 bulan, 6 bulan, dan 9 bulan. Hal ini dapat menyebabkan bayi untuk mengalami kesulitan tidur siang. Namun, tidak perlu khawatir, hal ini sangat normal terjadi pada banyak anak! Pastikan untuk cari tahu kebutuhan tidur anak sesuai usia dan sesuaikan jadwal tidur ‘si Kecil’ dengan kebutuhan tidurnya ya!

Demikian, itulah 4 alasan mengapa bayi susah tidur siang dan beberapa tips cara mengatasinya! Semoga informasi ini bermanfaat untuk Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri