• May 27, 2024

Bayi Susah Tidur Siang? Inilah Penyebab Dan Tips Mengatasinya!

 Bayi Susah Tidur Siang? Inilah Penyebab Dan Tips Mengatasinya!

Bayi Susah Tidur Siang? Inilah Penyebab Dan Tips Mengatasinya!

Tidur adalah bagian penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Selain tidur malam, tidur siang itu juga penting untuk memenuhi kebutuhan istirahat bayi. Namun, bagi beberapa anak mungkin sulit untuk tidur siang, tapi jangan khawatir, berikut adalah alasan mengapa beberapa bayi susah tidur siang dan cara mengatasinya.

Penyebab Bayi Susah Tidur Siang

Gangguan Lingkungan

Lingkungan yang berisik, terlalu terang, atau terlalu panas bisa membuat bayi sulit tidur siang. Bayi mungkin juga terganggu oleh suara bising dari luar, seperti lalu lintas atau suara rumah tangga.

Bayi Dalam Kondisi Tidak Nyaman

Seringkali, bayi akan susah tidur jika mereka merasa ketidaknyamanan. Ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti masih merasa lapar, popoknya terlalu penuh, atau merasa kembung karena belum sendawa setelah makan.

Jadwal Tidur Tidak Konsisten

Kadang-kadang perubahan dalam jadwal harian, seperti perjalanan, acara keluarga, ataupun jadwal tidur mereka diundurkan beberapa jam bisa mengganggu pola tidur bayi dan membuat bayi susah tidur siang.

Bayi Terlalu Lelah

Bayi yang tidak memiliki pola tidur yang konsisten seringkali merasa terlalu lelah atau Overtired. Beda dari dewasa yang gampang tertidur jika sangat lelah, bayi yang overtired justru jadi rewel, stres, dan sulit untuk tertidur.

Bayi Susah Tidur Siang

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Manfaat ASI Selain Diminum Bayi!

Tips Mengatasi Bayi yang Tidak Mau Tidur Siang

Ciptakan Suasana Kamar Yang Nyaman

Pastikan kamar tidur bayi dalam kondisi yang nyaman dan tenang. Tutup gorden dan gunakan pencahayaan yang redup, suara latar yang menenangkan, dan suhu yang nyaman. Jika bisa, parents juga direkomendasikan untuk menyalakan white noise untuk bantu menenangkan bayi. 

Pastikan Rutinitas Tidur Konsisten

Tetapkan rutinitas tidur yang konsisten untuk bayi, baik di pagi hari maupun siang hari. Dengan rutin yang konsisten, ini dapat membuat anak merasa terbiasa dengan jadwal yang ditetapkan dan bantu menghindari membuat bayi merasa overtired.

Cari Waktu Istirahat Alternatif

Jika bayi terus menolak tidur siang, cobalah untuk memberikan waktu istirahat alternatif. Ini membantu mengurangi kelelahan bayi tanpa mengacaukan kebutuhan istirahatnya.

Periksa Kebutuhan Lain Bayi

Periksa jika alasan bayi tidak ingin tidur adalah karena merasa ketidaknyamanan. Bersihkan dan ganti popok bayi atau menyusui bayi jika perlu.

Dengan tahu alasan kenapa bayi susah tidur siang dan cara menanganinya, Moms & Dads dapat cari cara yang paling efektif untuk bantu bayi memenuhi kebutuhan istirahat mereka!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri