• May 29, 2024

Bayi Tidak Mau Minum Susu Dari Dot Atau Botol? Ini 5 Alasan Kenapa!

 Bayi Tidak Mau Minum Susu Dari Dot Atau Botol? Ini 5 Alasan Kenapa!

Bayi Tidak Mau Minum Susu Dari Dot Atau Botol? Ini 5 Alasan Kenapa!

Sebagai orangtua, penting sekali untuk Moms & Dads pastikan bahwa ‘si Kecil’ mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan minum banyak susu atau ASI. Namun, tidak jarang untuk parents menghadapi situasi di mana bayi menolak minum susu dari dot atau botol. Hal ini dapat memicu kekhawatiran dan stres pada parents. 

Namun, tidak perlu khawatir! Berikut ini adalah 4 alasan mengapa bayi tidak mau minum susu dari dot atau botol!

Bayi Belum Terbiasa dengan Menghisap dari Dot

Salah satu alasan paling umum kenapa bayi mungkin menolak minum susu dari dot adalah karena ia masih belum terbiasa dengan cara menghisapnya. Pada awalnya, sangat normal untuk banyak bayi merasa bingung dan tidak nyaman dengan menghisap susu dari dot, karena ini memang membutuhkan teknik menghisap yang berbeda dari menyusu secara langsung dari payudara Moms. Namun, penting untuk parents tetap sabar dan konsisten dalam melatih anak minum susu dari dot.

Bentuk atau Ukuran Dot Kurang Tepat

Alasan lain kenapa bayi mungkin tidak mau minum susu dari dot atau botol adalah karena mereka tidak merasa nyaman dengan bentuk atau ukuran dot. Beberapa bayi lebih menyukai dot yang lebar dan besar, sementara beberapa bayi lain lebih nyaman memakai dot yang kecil dan panjang. Bisa juga bayi tidak merasa nyaman dengan ukuran lubang dot. Karena itu, penting untuk parents coba beberapa jenis dot yang berbeda dan pilih yang paling cocok untuk bayi Moms & Dads.

Bayi Mengalami Infeksi Telinga

Jika anak Moms & Dads biasanya dapat minum susu dari dot atau botol tanpa masalah, namun tiba-tiba mulai menolaknya, bisa jadi ia sedang mengalami infeksi telinga. Ini karena infeksi telinga dapat membuat telinga ‘si Kecil’ merasa nyeri, tidak nyaman, dan sakit setiap kali ia menghisap. Jika Moms & Dads melihat bayi sering tampak kesakitan atau tidak nyaman saat menghisap atau menyusu, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Bayi Tidak Mau Minum Susu Dari Dot

Baca Juga: Inilah Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi!

Suhu Susu/ASI Kurang Tepat

Alasan terakhir kenapa bayi mungkin tidak mau minum susu dari dot atau botol adalah karena ia tidak menyukai suhu susu atau ASI yang diberikan padanya. Seringkali, bayi merasa terbiasa dengan ASI yang diminum olehnya secara langsung dari payudara Moms. Karena itu, bayi cenderung lebih suka suhu yang mendekati suhu tubuh, yaitu sekitar 37 derajat Celsius.

Itulah 4 alasan mengapa bayi tidak mau minum susu dari dot atau botol! Semoga informasi ini bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri