• May 28, 2024

Bayi Tidak Mau Minum Susu Formula? Ini Cara Mengatasinya!

 Bayi Tidak Mau Minum Susu Formula? Ini Cara Mengatasinya!

Bayi Tidak Mau Minum Susu Formula? Ini Cara Mengatasinya!

Mama dan Papa pasti tahu kalau susu formula merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik bagi anak yakni sebagai alternatif pengganti ASI. Namun, bagaimana jika bayi tidak mau minum susu formula? Tentu saja hal ini membuat banyak orang tua khawatir karena dapat mengakibatkan kebutuhan nutrisi bayi tidak dicukupi.

Tapi jangan khawatir Mama dan Papa! Berikut ini adalah 4 tips cara mengatasi bayi tidak mau minum susu formula!

Perhatikan Botol Dan Kondisi Dot

Penting sekali untuk Mama dan Papa perhatikan kondisi botol dan dot yang diberi pada bayi. Bisa jadi bahwa salah satu alasan bayi tidak mau minum susu formula adalah karena bayi tidak merasa nyaman dengan botol atau bentuk dot pada botolnya. Jika butuh, Mama dan Papa mungkin butuh ganti botol atau dot yang dipakai. Kami sarankan untuk pilih dot yang kenyal dan memiliki bentuk yang mirip seperti puting Mama. Ini akan bantu membuat bayi minum dari botolnya dengan lebih nyaman.

Sajikan Susu Sesuai Suhu Yang Disukai Bayi

Salah satu alasan bayi mungkin tidak mau minum susu formula bisa jadi karena ia tidak menyukai suhu susu yang diberikan padanya. Beberapa bayi cenderung lebih suka minum susu yang dingin sementara beberapa bayi lain mungkin lebih menyukai susunya hangat atau dengan suhu ruangan. Karena itu, kami sarankan Mama dan Papa untuk cari tahu ‘si Kecil’ lebih suka suhu apa untuk susu formulanya.

Bayi Tidak Mau Minum Susu

Baca Juga: Tips Cara Memberikan ASI Eksklusif Yang Tepat!

Memberikan Susu Dengan Posisi Menyusui

Posisi juga sangat penting saat memberi bayi susu formula. Jika Mama dan Papa lebih sering memberi ‘si Kecil’ ASI secara langsung, bisa jadi alasan dia tidak mau minum susu formula adalah karena tidak terbiasa dengan minum melalui botol. Karena itu, coba berikan susu pada anak dengan posisi menyusui agar bayi merasa seperti ia sedang minum ASI.

Berikan Susu Dengan Cara yang Menyenangkan

Jika bayi menolak minum susu formula, jangan terlalu khawatir! Hindari memaksa anak minum karena ini malah dapat membuat ‘si Kecil’ menangis hingga stres. Cobalah beri susu pada bayi dengan cara yang lebih menyenangkan. Contoh, Mama dan Papa bisa memberi ‘si Kecil’ susu sambil menyanyi lagu atau bercerita.

Demikian, itulah 4 tips cara mengatasi bayi tidak mau minum susu formula! Bagaimana Mama dan Papa? Semoga informasi ini bisa membantu! 

Jika bayi masih sering rewel dan menolak minum susu sama sekali sehingga membuat Mama dan Papa merasa cemas, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan ahli.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri